Friday, April 30, 2010

Tono Suratman Jabat Asisten Operasi Panglima TNI

Djoko Santoso menerima pelaporan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI dari Mayjen TNI Supiadin Yusuf A.S kepada Mayjen TNI Soehartono Suratman. (Foto: Puspen TNI)

30 April 2010, Jakarta -- Mayjen TNI Tono Suratman resmi menjabat sebagai Asisten Operasi Panglima TNI, menggantikan Mayjen TNI Supaidin AS yang memasuki masa pensiun.

Tono Suratman melaporkan jabatan barunya bersama pejabat lama kepada Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso di Mabes TNI Cilangkap Jumat.

Pengangkatan sebagai Asisten Operasi Panglima TNI itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/187/III/2010 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI tanggal 25 Maret 2010.

Mayjen TNI Tono Suratman sebelumnya menjabat sebagai Pangdam VI/ Tanjung Pura, sedangkan Mayjen TNI Supiadin Yusuf A.S selanjutnya menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Mayjen TNI Tono merupakan lulusan Akabri Darat tahun 1975 dan memulai karier militernya sebagai Danton 2/113/Grup-1 Kopassus. Pria Kelahiran Makasar, 16 September itu, telah melaksanakan berbagai penugasan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Penugasan operasi dalam negeri yang pernah dilakukan antara lain operasi Seroja (1978,1983, dan 1986), operasi Irian Jaya (1982) dan operasi Tim Tim (1988 dan 1996).

Sedangkan pengalaman penugasan keluar negeri meliputi tugas-tugas kemiliteran dan non militer ke 21 negara antara lain Belanda, Perancis, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jerman dan Korea Selatan.

Tono juga pernah menjadi atlit anggar yang pernah memperkuat Tim Nasional dalam berbagai kejuaraan anggar seperti Kejuaraan Anggar Antar Angkatan Bersenjata di Belanda tahun 1992 dan Atlit Kejuaraan Dunia Anggar di Bulgaria tahun 1986.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment