Friday, April 2, 2010

KRI Dewaruci Bertolak ke India


01 April 2010, Jakarta -- Kapal latih tiang tinggi taruna TNI Angkatan Laut KRI Dewaruci kini berada di Samudra Hindia dan bertolak ke Cochin (India) untuk memulai kunjungan muhibah ke sembilan negara di Eropa.

"Kini Dewaruci kini berada di Samudra Hindia, menuju ke Colombo lanjut ke Cochin (India)," kata juru bicara TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) Herry Setianegara di Jakarta, Kamis.

Kapal Latih Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) KRI Dewaruci dengan komandan Letkol Laut (P) Suharto, selain melaksanakan operasi muhibah "Kartika Jala Krida" selama sembilan bulan ke wilayah Eropa, akan mengikuti lima perlombaan kapal layar tinggi internasional di negara yang disinggahi.

Kelima perlombaan kapal layar tiang tinggi yang akan diikuti antara lain, "The Historical Seas Tall Ships Regatta" yang akan menempuh jarak 945 mil laut mulai dari Volos (Burgaria) sampai Lavrion (Yunani), "The Tall Ships Race" 2010 in Aalborg, kurang lebih sejauh 600 mil laut mulai dari Aalborg (Dermark) menuju Norwegia dan berakhir di Hartepool (Inggris).

Selanjutnya, Dewaruci akan mengikuti "Sail Amsterdam Festival", di Amsterdam (Belanda), "Sail Bremerhaven Festival" di Bremerhaven (Jerman) dan "Festival Internationale Mediterraneo E Velieri", di Cagliari Italia.

Herry menambahkan, KRI Dewaruci sering mengikuti perlombaan kapal layar tiang tinggi di seluruh dunia dan juga mendapat juara dalam setiap perlombaan ini.

Muhibah Dewaruci ke sembilan negara Eropa kali ini dalam rangka "Operasi Kartika Jala Krida" yang dilaksanakan rutin oleh TNI AL, bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan bagi Kadet AAL mengenai pelayaran astronomi serta sebagai wujud peran diplomasi TNI AL dalam mempererat hubungan antar-Angkatan Laut Negara-negara yang dikunjungi.

"Selain itu juga membantu misi sebagai duta bangsa untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia di mancanegara," kata Herry.

ANTARA Jawa Timur

No comments:

Post a Comment