Friday, April 2, 2010

Indonesia-Malaysia Gelar Latihan Antiteror

Panglima Angkatan Tentara Malaysia (ATM) Jenderal Tan Sri Dato' Sri Azizan bin Ariffin TUDM memberikan sambutan sekaligus meresmikan dimulainya Latgabma Darsasa 2010. Dalam sambutannya, Azizan mengatakan latihan gabungan ini dalam menghadapi ancaman terorisme di wilayah kedua negara. (Foto: detikFoto/ Ramdhan Muhaimin )

02 April 2010, Malaysia -- Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso menghadiri upacara pembukaan Latihan Gabungan Bersama Malaysia-Indonesia Darat Samudera Angkasa (Latgabma Malindo Darsasa) 7 AB/2010 di Malaysia. Latihan dibuka secara resmi oleh Panglima Angkatan Tentera Malaysia (ATM), Jenderal Tan Sri Dato Sri Azizan Arifin di Everly Resort Hotel Malaka Malaysia, Jumat (2/4/2010).

Latgabma Malindo Darsasa-7 AB/2010 digelar di wilayah Malaka dan sekitarnya, merupakan salah satu bentuk antisipasi maupun respon awal sekaligus untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan teroris yang dapat terjadi di wilayah kedua Negara.

Latihan melibatkan pasukan khusus dari kedua Negara. Total 1.883 personel terdiri dari 457 personel TNI dan 1.426 personel ATM. Latihan meliputi beberapa fase, seperti Force Integration Training (FIT), Geladi Posko (CPX), Geladi Lapang (FTX) dan Post Exercise (PXD).

Selain itu, Latgabma Malindo Darsasa-7AB/2010 memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kedua Angkatan Bersenjata untuk melaksanakan kerja sama dalam operasi penanggulangan terorisme, sekaligus menguji Protap Malindo 16 dan 18 tentang penanggulangan terorisme. Latgabma Malindo Darsasa-7 AB/2010 rencananya akan ditutup secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso pada tanggal 8 April 2010, di Hotel Everly Malaka.

Panglima angkatan bersenjata dari masing-masing angkatan kedua negara yaitu Jenderal Tan Sri Dato' Sri Azizan bin Ariffin TUDM dari Angkatan Tentara Malaysia (ATM) dan Jenderal TNI Djoko Santoso dari TNI memimpin upacara Pembukaan Malindo Latgabma Darsasa 2010. (Foto: detikFoto/ Ramdhan Muhaimin )

Latihan ini merupakan latihan gabungan terbesar di Asia Tenggara yang dilakukan dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia. (Foto: detikFoto/ Ramdhan Muhaimin )

Jenderal Tan Sri Dato' Sri Azizan bin Ariffin TUDM dan Jenderal TNI Djoko Santoso menggelar jumpa pers. (Foto: detikFoto/ Ramdhan Muhaimin )

Latihan yang disebut Malindo Latgabma (Latihan Gabungan Bersama) Darsasa (Darat Samudera Angkasa) 7AB/2010 digelar di Semenanjung Malaysia dan Selat Melaka hingga 10 April 2010. (Foto: detikFoto/ Ramdhan Muhaimin )

Latihan ini juga menjadi puncak dari latihan-latihan yang digelar setiap tahun di tiap satuan angkatan. (Foto: detikFoto/ Ramdhan Muhaimin )

Surya Online/detikFoto

No comments:

Post a Comment