Sunday, January 31, 2010

4.758 Prajurit Marinir Uji Tempur di Lampung

31 Januari 2010, Lampung -- Sebanyak empat ribu tujuh ratus lima puluh delapan personel prajurit Korps Marinir menguji kemampuannya di kawasan Brigade Infanteri (Brigif) III Piabung, Lampung.

Selain kemampuan naluri tempur perorangan, prajurit Marinir juga diasah kemampuan lainnya dalam tahap rawa/laut, tahap operasi darat, dan tahap gunung atau hutan.

Pembukaan latihan secara resmi digelar di Pantai Caliki, Padang cermin, Pasewaran oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Agus Suhartono, SE, dalam suatu upacara militer yang dihadiri oleh para Asisten Kasal, Pangkotama TNI-AL, jajaran Muspida Provinsi Lampung, Pimpinan TNI dan Polri di wilayah Lampung serta para tokoh masyarakat Lampung.

Kasal mengatakan, latihan pemantapan terpadu (Lattap) Korps Marinir adalah ajang meningkatkan kemampuan tempur perorangan maupun kemampuan komando pengendalian tingkat regu sampai batalyon. Dengan latihan ini diharapkan Prajurit Korps Marinir dapat meningkatkan kemampuannya sebagai pasukan pendarat yang memiliki kemampuan handal merebut dan menguasai pantai pendaratan serta melakukan pertempuran didarat.

Pada kesempatan latihan ini, Korps Marinir bersama-sama warga turutserta berpartisipasi dengan menanam 10.000 batang pohon trembesi dan lima 5.000 batang pohon bakau. ”Yang nantinya diperkirakan pada usia dewasa akan menyerap 280 ribu ton karbondioksida per tahun,” kata kasal.

Pemantapan Terpadu (Lattap) Korps Marinir akan berlangsung selama dua bulan sejak 25 Januari lalu hingga 4 Maret 2010.

Dispenmarinir/POS KOTA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment