Tuesday, November 3, 2009

Wakasal Tutup Latihan Armada Jaya XXVIII


3 November 2009, Surabaya -- Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Moekhlas Sidik, MPA menutup Latihan Armada Jaya XXVIII tahun 2009 di Puslat Opsla Kolat Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (2/11). Hadir pada kesempatan tersebut para Pangkotama TNI AL Surabaya, Komandan Satuan, Kasatker Koarmatim dan peserta latihan.

Latihan Armada Jaya ke-28/09 merupakan latihan puncak TNI AL yang mengintegrasikan seluruh komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) guna mengukur hasil pembinaan Tahun Anggaran 2009, dengan tujuan untuk mempertahankan serta meningkatkan kesiapan operasional SSAT dan profesionalisme prajurit MATRA laut dalam menghadapi dan mengantisipasi ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan NKRI.

Latihan dibagi dalam dua tahap, yakni : Tahap Latihan Posko, pada tanggal 12 Oktober 2009 sampai dengan 22 Oktober 2009, dan Tahap Manouver Lapangan, tanggal 28 Oktober sampai dengan 2 November 2009. Sebelum manouver lapangan, di Pangkalan Koarmatim Surabaya juga telah dilaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan, Latihan Pertahanan Udara dan Lawan Sabotase Bawah Air. Dalam manuver lapangan ini melibatkan 1910 personel TNI AL, 13 kapal perang, 2 pesawat udara TNI AL, dan 2 helikopter. Pendaratan pasukan Marinir dilaksanakan di Pantai Banongan dengan melibatkan 18 kendaraan tempur Marinir berikut 1 kompi pasukan pendarat Marinir.

Dalam amanat Kasal yang dibacakan Irup mengatakan, bahwa ditengah-tengah keterbatasan yang dihadapi oleh segenap jajaran TNI AL, masih dapat melaksanakan latihan Armada Jaya sampai tahap manuvra lapangan. Dalam kegiatan manuvra lapangan, telah dilaksanakan seluruh serial latihan mulai dari tahap persiapan sampai dengan pengakhiran.

“Dan saat ini Satuan Tugas telah kembali ke Pangkalan dalam keadaan selamat dan kegiatan latihan terlaksana sesuai rencana. Hal ini membuktikan bahwa semangat dan naluri tempur prajurit kita tetap terpelihara,”kata Kasal menegaskan.

DISPENAL

No comments:

Post a Comment