Wednesday, November 4, 2009

650 Anggota TNI Amankan Perbatasan RI-PNG


4 November 2009, Biak -- Sebanyak 650 personel Batalyon Infanteri (Yonif) 753 Arga Vira Tama Kabupaten Nabire, Papua, ditempatkan di wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Negara tetangga Papua Nugini (PNG) di Kabupaten Merauke.

Komandan Korem 173/PVB Biak Kolonel Inf Hery Ramlan di Biak, Rabu (4/11), mengatakan sebanyak 650 prajurit Yonif 753/ AVT di perbatasan RI-PNG yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgaspamtas) akan ditempatkan pada 26 titik pengamanan yang berada sepanjang wilayah teritorial NKRI di Kabupaten Merauke.

"Pergeseran prajurit Yonif 753/AVT ke Kabupaten Merauke untuk menggantikan personel Yonif 753 Sorong yang telah habis tugas menjaga wilayah perbatasan RI-PNG," kata Herry.

Ia mengatakan, penugasan 650 prajurit Yonif 753/AVT Nabire ke perbatasan RI-PNG akan berlangsung satu tahun terhitung sejak diberangkatkan pada 3 November lalu.

Tugas pokok yang diemban prajurit Yonif 753/AVT Nabire selama di Kabupaten Merauke sekitarnya, menurut Danrem, yakni menjaga keamanan dan keutuhan wilayah NKRI serta pengawasan patok batas wilayah di kedua Negara bertetangga.

"Penugasan di perbatasan RI-PNG merupakan tugas negara sehingga prajurit Yonif 753/AVT harus melaksanakan dengan penuh tanggung jawab," katanya.

MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment