Wednesday, November 4, 2009

Pesawat Charlie “Crash Landing” di Adisutjipto


4 November 2009, Solo -- Pesawat LD-34XY yang sedang melaksanakan training area mengalami kerusakan, engine fire detector menyala. Posisi pesawat di atas pantai Congot dengan ketinggian 6000 feet. Pesawat membawa 1 orang instruktur dan 1 orang siswa Sekolah Penerbang. Bahan bakar masih tersisa untuk 1.14 menit.

Adi Tower merespon berita LD-34XY dan menginstruksikan untuk mencoba melakukan pendaratan . Pesawat mendarat RWY 09 dengan mesin terbakar dan pesawat terperosok di sebelah utara landasan. Demikian skenario Latihan Penanggulangan dan Penyelamatan Awak Pesawat yang dilaksanakan oleh Dinas Operasi Lanud Adisutjipto dan tim Rescue Angkasa Pura di Lanud Adisutjipto, Selasa( 3/11).

Menurut Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto, Kolonel Pnb F. Indrajaya Latihan Penanggulangan dan Penyelamatan Awak Pesawat merupakan program latihan satuan yang dilaksanakan rutin setiap setahun sekali. “Latihan ini dimaksudkan untuk memberi bekal pengalaman praktek lapangan bagi seluruh jajaran Lanud Adisutjipto dan Angkasa Pura dalam menangani kecelakaan pesawat terbang,” jelasnya.

Sementara itu Mayor Pnb Bonang Bayuaji menambahkan, Lanud Adisutjipto sebagai pangkalan pendidikan dan pangkalan operasional dengan jadwal penerbangan yang relatif padat, menuntut kesiapan dan profesionalisme sumber daya manusia.

Pentak Lanud Adisutjipto

No comments:

Post a Comment