Thursday, September 10, 2009

Sambut Dankomar Baru

Brigjend TNI (Mar) M Alfan Baharudin, diangkat sejumlah prajurit Korps Marinir, usai penyambutan Dankormar yang baru di lapangan tembak Bumi Marinir Karangpilang. (Foto: ANTARA/Eric Ireng/pd/09)

Surabaya - Sebanyak 5.000 prajurit Korps Marinir berbaris rapi di sepanjang jalan masuk ke lapangan tembak Jusman Puger Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu (9/9) malam, untuk menyambut kedatangan Komandan Korps Marinir(Dankormar) yang baru.

Dankormar Brigjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin datang dengan menaiki Jeep Hummer didampingi istrinya Ny Nita Alfan Baharudin dan Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra beserta istri dan diikuti sejumlah pejabat teras Korps Marinir.

Sepanjang perjalanan, Brigjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin yang telah menerima tongkat estafet kepemimpinan Korps Marinir dari Mayjen TNI (Mar) Djunaidi Djahri pada 2 September 2009 itu disambut dengan lagu dan tepuk tangan prajurit yang mengiringi hingga ke lapangan tembak.

"Selamat datang, pahlawan muda. Lama nian kami rindukan kamu. Bertahun-tahun bercerai mata. Kini kita dapat berjumpa pula," demikian satu bait lagu yang dinyanyikan 5.000 prajurit Korps Marinir.

Acara penyambutan kedatangan Dankormar kali ini agak lain bila dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, karena biasanya Komandan Korps Marinir yang baru disambut di lapangan apel dengan upacara parade dan defile Ranpur.

Tapi, kali ini, Komandan Korps Marinir disambut oleh ribuan prajurit Marinir di lapangan tembak dilanjutkan dengan pengarahan Dankormar, kemudian dilanjutkan dengan lomba menembak pistol dan senapan.

Komandan Korps Marinir (Dankormar) yang baru, Brigjend TNI (Mar) M Alfan Baharudin, melihat pertandingan menembak sejumlah anggota Marinir, saat penyambutan Dankormar yang baru di lapangan tembak Bumi Marinir Karangpilang Surabaya, Rabu (9/9). Brigjend TNI (Mar) M Alfan Baharuddin, menggantikan Mayjend TNI (Mar) Djunaidi Djahri. (Foto: ANTARA/Eric Ireng/pd/09)

Dalam sambutannya, Dankormar yang baru mengatakan Korps Marinir saat ini berada dalam situasi atau periode waktu penugasan yang sangat minim, tapi energi yang ada cukup besar, sehingga situasi itu sangat riskan.

"Saya tahu, kalian harus menahan energi, kekuatan dan kemampuan kalian yang besar, dahsyat, dan mematikan itu, karena itu saya perintahkan kepada kalian untuk berlatih, berlatih, dan berlatih, sehingga kalian menemukan cara yang paling efektif untuk menghancurkan lawan-lawan negara kita," katanya.

Komandan Korps Marinir (Dankormar), Brigjen TNI (Mar) M Alfan Baharudin dan istri Nita Alfan disambut 5.000 pasukan marinir di Bhumi Karangpilang. (Foto: ANTARA JATIM)

Selain berlatih terus, katanya, membangun tubuh dan otot juga penting, karena semua orang tahu bahwa Korps Marinir adalah prajurit-prajurit yang sulit untuk ditumbangkan dan mereka akan berpikir ribuan kali bila harus berhadapan.

"Saya juga minta kalian agar selalu menjaga soliditas sesama TNI, unsur-unsur Polri, dan lokasi dimana kalian berada dan bertugas. Timbulkan suasana harmonis agar kalian bisa diterima, bisa mengendalikan situasi, dan tentramkan lingkungan atas keberadaan kalian," katanya.

Secara internal, Dankormar yang baru berpesan prajurit marinir tidak lupa meningkatkan ketakwaan sesuai agama masing-masing.

"Jangan menunggu hatimu terketuk, baru bersujud, mulai hari ini tingkatkan keimanan kita kepada Yang Maha Kuasa agar selalu memberikan perlindungan, sehingga kita selalu terjaga dari fitnah," katanya.

Menurut komandan kelahiran Medan itu, mulai minggu ketiga Januari 2010, prajurit marinir akan bermanuver di lapangan 21 hari setiap batalyon dan tidak akan ada pemotongan anggaran untuk kepentingan latihan.

"Kepada prajurit Marinir yang jago berkelahi dan menembak, kalian berada dimana pun mewakili Korps Marinir maupun TNI AL dalam even olahraga, saya akan hadir di tengah-tengah kalian," katanya.

Setelah itu, acara penyambutan dilanjutkan dengan lomba menembak senapan dan pistol dengan juara pertama untuk lomba senapan direbut Brigif-1 Marinir, juara kedua diraih Menbanpur-1 Mar, dan juara ketiga disabet Denma Pasmar-1.

Untuk lomba menembak pistol P.228 SigSauer kaliber 9 mm, Komandan Korps Marinir keluar sebagai juara pertama, Komandan Brigif-1 Marinir sebagai juara kedua, dan Komandan Pasmar-1 sebagai juara ketiga.

ANTARA JATIM

No comments:

Post a Comment