Thursday, September 10, 2009

Jenderal Spanyol Kunjungi Kompi C Indobatt


9 September 2009, Lebanon -- Komandan Sektor Timur Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) dari Angkatan Darat Spanyol, Brigjen Ricardo Alvarez Espejo Garcia, Rabu siang (8/9) waktu Lebanon, berkunjung ke Kompi C Batalyon Infanteri Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-C/Unifil di UN POSN 9-2.

Kunjungan ini tidak seperti biasanya yang dilakukan oleh para petinggi Unifil dan ini merupakan kunjungan kerja pertama sejak dia menjabat sebagai Komandan Sektor.

Para Komandan Sektor Timur Unifil sebelumnya tidak pernah berkunjung ke satuan setingkat kompi. Mereka biasanya berkunjung ke batalyon terlebih dulu baru mengunjungi kompi sesuai agenda yang dibuat oleh batalyon itu sendiri.

Konga XXIII-C selama sembilan bulan masa penugasan, sudah mengalami empat kali masa pergantian Komandan Sektor Timur Unifil: mulai Brigjen Medina, Brigjen Asarta, Brigjen Prieto dan sekarang Brigjen Alvarez.

Kedatangan Alvarez ke Kompi C, merupakan sesuatu hal yang wajar mengingat sebagai Komandan Sektor, orang nomor satu di Sektor Timur Unifil ini dapat mengunjungi satuan mana saja yang berada di bawah komandonya.

Kompi Mekanis Charlie merupakan salah satu Kompi Indobatt yang berada di luar markas batalyon atau terpisah dari induk pasukan yang mempunyai daerah tanggung jawab (area of responsibility) yang jauh dari batas Lebanon – Israel, namun berpengaruh terhadap situasi dan kondisi keamanan di Lebanon Selatan, karena kompi Charlie merupakan kompi yang bertanggung jawab terhadap daerah yang berada dekat sungai Litani (Litani River) yang merupakan batas operasi Unifil di sebelah utara, atau berbatasan dengan wilayah Lebanon Utara.

Pada kunjungan tersebut, Bigjen Alvarez mendapatkan paparan dari Komandan Kompi Charlie Mayor (Mar) Muhammad Rizal tentang situasi dan kondisi daerah tanggung jawabnya, kegitan yang dilakukan mulai dari check point-check point (CP), Observation Post (OP), temporary/permanent check point serta beberapa hot spot yang berada di sekitar Sungai Litani yang merupakan perbatasan daerah operasi UNIFIL.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Komandan Sektor Timur didamping Komandan Kompi Charlie meninjau pangkalan UN POS 9-2. Dia berpesan kepada seluruh prajurit agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan personil dalam menyikapi perkembangan situasi di daerah operasi serta segera melaporkan setiap perkembangan yang terjadi sesuai prosedur, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat segera diantisipasi.

Brigjen Alvarez juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada segenap prajurit TNI yang hadir pada acara tersebut.

POS KOTA

No comments:

Post a Comment