Thursday, September 10, 2009

AL India Menerima 4 MiG-29K/KUB di Bulan Oktober

MiG-29K/KUB. (Foto: migavia)

10 September 2009 -- Pesawat tempur MiG-29K/KUB pertama dari empat yang dipesan oleh Angkatan Laut India untuk digunakan di kapal induk Admiral Gorshkov, akan dikirimkan ke AL India pada bulan Oktober.

Rusia dan India menandatangani kontrak pembelian 12 pesawat berkursi tunggal MiG-29K dan empat berkursi tandem MiG-29K/KUB pada 20 Januari 2004, sebagai bagian dari kesepakatan pembelian kapal induk Admiral Gorshkov, saat ini kapal induk tersebut sedang diremajakan di Rusia.

Pesawat tempur tersebut sementara akan berpangkalan di darat, menunggu kapal induk selesai diperbaiki dan diserahkan ke AL India.

Dua MiG-29K dan 2 MiG-29K/KUB secara resmi telah diserahkan kepada India awal tahun ini. Pesawat tersebut diinspeksi oleh tenaga ahli India dan digunakan selama 5 bulan untuk pelatihan terbang para pilot India.

Sementara itu, Rusia dan India masih merundingkan biaya perbaikan Admiral Gorshkov yang membengkak hingga 1,2 milyar dolar.

Admiral Gorskov akan menggantikan INV Viraat yang telah berusia 50 tahun, Admiral Gorskov akan diberinama INS Vikramaditya diharapkan mampu beroperasi hingga 30 tahun. Saat ini, India sedang mengembangkan kapal induk buatan dalam negeri India.

RIA Novosti/@beritahankam

No comments:

Post a Comment