Friday, August 7, 2009

Yon Bekang 5/Perbekud Terjun Penyegaran di Lanud Suryadarma


7 Agustus 2009, Subang -- Sekitar dua ratus orang Prajurit TNI AD dari Batalyon Perbekalan Angkutan 5/ Perbekalan Udara (Yon Bekang 5/Perbekud) Direktorat Perbelakan Angkutan TNI AD (Ditbekangad) yang bermarkas di Kramat Jati, Jakarta Timur mengadakan terjun payung penyegaran di Landasan Lanud Suryadarma, Subang, Kamis (6/8). Terjun penyegaran merupakan program latihan bagi prajurit Yon Bekang 5 Perbekud sebagai satuan pendukung perbekalan udara yang harus mampu pula melaksanakan tugas terjun menggunakan payung udara.

Menurut Danyonbekang 5/Perbekud Letkol CBA Zulkarnaen terdapat 5 sortei menggunakan satu pesawat Herkules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta yang take off sekitar pukul 05.30 WIB. Oleh karena yang melaksanakan terjun payung merupakan satuan pendukung perbekalan udara maka selain personel, juga dilaksanakan pula penerjunan material yang dinamakan Container Delivery System (CDS). Terdapat sekitar empat payung udara yang mengangkut material turut diterjunkan pula di landasan Lanud Suryadarma.

Dalam kegiatan yang berlangsung dengan lancar hingga menjelang tengah hari itu turut hadir menyaksikan jalannya latihan Danlanud Suryadarma Kol Pnb D. Widiantoro, MBA, Wakil Direktur Ditbekangkad (Wadirditbekangad) Kol CBA Sunandar beberapa asisten Dirbekangad, Kadisops Lanud Suryadarma Letkol Pnb M. Syafii, pejabat dan anggota Ditbekangkad serta Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Yon Bekang 5/Perbekud.

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI Imam Sufaat, S.IP menutup Latihan Antar Satuan Jalak Sakti tahun 2009 yang berlangsung sejak tanggal 3 Agustus 2009 yang melibatkan pelaku berjumlah 130 peserta di Lapangan Upacara Makoopsau I, Kamis (6/8).

Pangkoopsau I Tutup Latihan Jalak Sakti

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imam Sufaat S.IP, saat meninjau dan memberikan arahan kepada peserta Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2009 di Ruang Serba Guna Makoopsau I. Kamis (6/8).

Latihan yang melibatkan perwakilan dari Lanud-Lanud di bawah jajaran Koopsau I yakni Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Pekanbaru, Lanud Atang Sendjaja Bogor, Lanud Supadio Pontianak, Lanud Tanjung Pinang dan unsur Paskhas ini, mempunyai Metode Latihan yaitu Geladi Posko dan macam Latihan yaitu Latihan Taktis Tanpa Pasukan.

Sasaran Latihan yaitu terwujudnya kemampuan satuan dalam melaksanakan setiap operasi sesuai tugas pokoknya dalam menjamin keberhasilan tugas pokok Koopsau I.Tercapainya kemampuan menerapkan doktrin dan prosedur baik yang bersifat strategis, operatif maupun taktis dalam konsep operasi yang dapat dipertanggung­jawabkan serta keberhasilan dalam menghadapi kontinjensi yang paling mungkin terjadi di wilayah Koopsau I. Tercapainya kemampuan berkoordinasi dan atau kerja sama antar satuan dalam melaksanakan konsolidasi, rencana gelar kekuatan dan dukungannya serta K-4 l untuk mendukung kegiatan operasi secara optimal. Tercapainya kesiapan dan kesiagaan operasional satuan serta terujinya organisasi dari aspek piranti lunak maupun piranti keras.

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imam Sufaat disela-sela Upacara Penutupan mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan dalam latihan telah dilaksanakan, untuk itu perlu mengevaluasi semua kegiatan mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan pelaksanaan serta tahap pengakhiran. Apabila ditemukan adanya kendala atau hambatan yang menganggu lancarnya pelaksanaan latihan, agar disampaikan pada saat pelaksanaan evaluasi. Koreksi dan Unsur Wasdal, Penilai dan pendukung, serta saran dari pelaku agar dijadikan masukan guna penyempurnaan latihan di waktu mendatang.

Sebagai prajurit yang profesional, kita semua jangan cepat berpuas diri, lakukan upaya untuk selalu mengasah diri, dengan belajar dan berlatih secara kontinyu, guna memperbaiki kesalahan-kesalahan sekecil apapun, yang ditemukan saat melaksanakan latihan, sehingga pada latihan yang akan datang, agar lebih baik. Selain itu Pangkoopsau I mengharapkan kepada semua yang terlibat dalam latihan, agar menjadikan latihan ini sebagai bekal pengalaman yang berharga, serta dapat menjadi motivasi dalam pelaksanaan tugas secara profesional.

Sedangkan tema Latihan Antar Satuan Jalak Sakti yaitu ”Koopsau I Melaksanakan Latihan Antar Satuan Jalak Sakti 2009 Tahun 2009”, di Wilayah Tanggung Jawabnya Dalam Rangka Meningkatkan Kesiapan Operasional dan Profesionalistas Yang Tinggi Dalam Menjaga Kedaulatan NKRI.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Bambang Margono serta Para Pejabat Jajaran Koopsau I.

PENTAK LANUD SURYADARMA/PEN KOOPSAU

No comments:

Post a Comment

Post a Comment