Tuesday, August 4, 2009

Kadet AAL Akan Berlayar ke Seluruh Perairan Indonesia Dengan KRI Dewa Ruci dan KRI Teluk Ende

Kapal latih KRI Dewa Ruci. (Foto: koarmatim)

4 Agustus 2009, Surabaya -- Akademi Angkatan Laut (4/8). Sejumlah 179 kadet tingkat III Akademi Angkatan Laut Angkatan 56 akan melaksanakan Latihan dan Praktek (Lattek) pelayaran ke seluruh perairan Indonesia . Lattek yang diberi nama Kartika Jala Krida (KJK) ini dikomandani oleh Mayor Laut (P) Antonius Widyoutomo ini menggunakan kapal latih jenis Barquentine (layar tiang tinggi) yaitu KRI Dewaruci dan KRI Teluk Ende-517. Peresmian dan pelepasan satuan latih KJK ini dilaksanakan oleh Gubernur AAL Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E, melalui suatu upacara militer di lapangan Banda AAL, Bumi Moro, Surabaya , Selasa (4/8).

Menurut rencana pelayaran ini akan berlangsung selama kurang lebih 65 hari yaitu dari tanggal 5 Agustus sampai dengan 9 Oktober dan akan melewati route Surabaya, Bitung, Makassar, Benoa, Cilacap, Sibolga, Sabang, Dumai, Bangka Belitung dan kembali ke Surabaya. Dan khusus di Bitung, Satgas KJK ini akan dilibatkan secara aktif dalam Sail Bunaken 2009 dan Indonesian Fleet Review 2009, sebuah Icon Internasional bergensi yang akan dihadiri oleh kurang lebih 32 negara, yang akan membangun image dunia bahwa TNI AL layak diperhitungkan dalam percaturan Internasional.

LST KRI Teluk Ende. (Foto: batamtoday)

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk karakter prajurit matra laut dan mental kejuangan kadet AAL sebagai calon Perwira TNI AL yang bermoral, disiplin, profesional dan bertanggung jawab, mempraktekkan semua pelajaran yang telah didapatakan di kelas dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan, memberikan wawasan tentang wilayah perairan Indonesia, dan tercapainya pemahaman profesi dasar matra laut, serta para kadet akan mengenal lebih dekat kultur kehidupan berbagai suku bangsa di Indonesia, ujar Gubernur AAL Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E.

“Sebagai prajurit TNI AL, kita harus bertekad bahwasanya laut harus kita taklukkan, kita kuasai, kita kontrol, dan kita awasi, agar tetap aman dan terkendali, dalam rangka melindungi kepentingan bangsa Indonesia di dan atau lewat laut. Laut adalah medan juang kita sebagai prajurit matra laut , di saat ini dan di masa mendatang”, tandas Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E.

DISPENAL

No comments:

Post a Comment

Post a Comment