Monday, August 3, 2009

Latihan Koopsau II “Sikatan Daya 2009” Berlangsung di Balikpapan, Kaltim


3 Agustus 2009, Balikpapan -- Latihan Sikatan Daya 2009 merupakan latihan gabungan di jajaran Koopsau II. Latihan ini melibatkan unsur tempur, unsur angkut, unsur hely, unsur intai, dan unsur. Latihan Sikatan Daya 2009 dilaksanakan di Kalimantan Timur dengan Lanud Balikpapan sebagai unsurelanud. Base Ops Lanud Balikpapan adalah pusat latihan ini dengan daerah sasaran adalah wilayah Sangatta Utara.

Latihan Sikatan Daya dikombinasikan dengan Latihan Trisula Perkasa Korps Paskhas 2009 dengan penerjunan awal oleh Tim Bravo Paskhas yang terjun pada 2 Agustus dini hari (04.00 wita) sebanyak 10 orang. Penerjunan Team Bravo merupakan penerjunan awal kemudian dilanjutkan dengan penerjunan team Dalpur berjumlah 12 orang yang terjun pada pukul 20.00 wita.

Team Dalpur akan mempersiapkan Koordinat pemboman untuk melumpuhkan musuh. Kordinat tersebut akan menjadi sasaran Sukhoi, F16, dan F5 yang akan dilaksanakan besok disusul penerjunann 210 team satuan tempur.

Hari ini (3/8) Pangkoopsau II, Marda TNI Yusan Sayuti beserta Danlanud Balikpapan dan rombongan bertolak ke Sangatta Utara untuk melihat langsung penerjunan.

Latihan Antar Satuan Jalak Sakti di Koopsau Dibuka


Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imam Sufaat, S.IP menyematkan tanda peserta Latihan kepada masing-masing perwakilan Komando Latihan dan Peserta padar Upacara Pembukaan Latihan Antar Satuan Jalak Sakti di Lapangan Apel Makoopsau I, Senin (3/8).

Latihan Antar Satuan Jalak Sakti tahun 2009 yang melibatkan pelaku berjumlah 130 peserta terdiri dari perwakilan masing-masing Lanud di bawah jajaran Koopsau I yakni Lanud Halim Perdanakusuma (29 personel), Lanud Pekanbaru (20), Lanud Atang Sendjaja Bogor (20), Lanud Supadio Pontianak (20), Lanud Tanjung Pinang (15) dan unsur Paskhas (35) di buka Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Imam Sufaat, S.IP di Lapangan Apel Makoopsau I, Senin (3/8).

Bertindak Selaku Komandan Upacara Letnan Kolonel Penerbang I Putu Gede Suartika. Sedangkan Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda latihan dari Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imam Sufaat kepada masing-masing perwakilan peserta dan komando latihan.

Latihan ini bertujuan menguji/menyempurnakan Rencana Operasi dan kesiapan operasional Koopsau I beserta satuan jajarannya dalam sistem pencegahan, penangkalan dan penindakan terhadap segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi di Wilayah Koopsau I, serta dilaksanakan hingga tanggal 6 Agustus 2009.

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imam Sufaat dalam sambutannya mengatakan latihan Antar Jalak Sakti ini sangatlah penting bagi kita karena untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman yang terjadi, di wilayah tanggung jawab Koopsau I, yang diperkirakan sebagai daerah antara untuk menjangkau wilayah lainnya. Begitu juga untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapan operasional satuan-satuan jajaran Koopsau I, serta untuk meningkatkan kemampuan Koopsau I dan Lanud-Lanud jajaran, serta unsur-unsurnya, dalam hubungan Komando dan Staf, terutama di dalam membuat perencanaan, dan pengendalian operasi.

Labih lanjut Pangkoopsau I berharap agar tahapan-tahapan dalam latihan, supaya dilaksanakan dengan teratur, bahkan skenario latihanpun diharapkan mirip seperti kondisi sesungguhnya. Untuk itu semua unsur yang terlibat di dalam latihan seperti Wasdal, Penilai, pelaku serta pendukung hendaklah bisa mengerti, memahami betul, hal apa yang harus dilaksanakan, pada saat latihan berlangsung, sehingga sasarannya bisa dicapai secara optimal.

Pelajaran yang akan dikembangkan dalam latihan ini yaitu mekanisme/prosedur hubungan Komando dan Staf serta unsur-unsur dalam proses perencanaan operasi yang disesuaikan dengan rencana kontinjensi. Sistem kerjasama taktis dan teknis antar Satuan/Komando serta sistem dukungan Komunikasi dan elektronika secara terpadu untuk kelancaran operasi.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Bambang Margono serta Para Pejabat Jajaran Koopsau I.

PENTAK LANUD BALIKPAPAN/PEN KOOPSAU I

No comments:

Post a Comment

Post a Comment