Monday, August 3, 2009

Dankobangdikal : Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Ancaman Teror Bom


3 Agustus 2009, Surabaya -- Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Dankobangdikal) Laksda TNI Sumartono mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit Kobangdikal baik antap maupun siswa karena mampu menjaga sikap netralitas TNI pada pemilihan presiden bulan lalu sehingga pemilu terlaksana dengan aman , tertib dan lancar.

Hal tersebut diungkapkan Dankobangdikal dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Arif Suherman dihadapan seluruh anggota Kobangdikal, Surabaya, Senin (3/8).

Menyikapi perkembangan situasi pasca teror bom di ibukota Jakarta beberapa waktu lalu, Komandan Kobangdikal meminta seluruh anggotanya untuk meningktkan kewaspadaan agar terhindar dari ancaman bom. “Tingkatkan pengamanan obyek vital, alut sista, gudang amonisi dan fasilitas lainnya serta hidupkan sistem intelijen dengan melaksanakan deteksi dan cegah dini serta monitor setiap kegiatan yang berada di lingkungan ksatrian Kobangdikal,” ujar Dankobangdikal.

Pada kesempatan itu, Wadan Kobangdikal melepas Tim Musik Harmoni dan Tim Penyelam Kobangdikal untuk ikut menyukseskan perhelatan kelautan bertaraf internasional “Sail Bunaken 2009” yang akan dilaksanakan pada 11-19 Agustus 2009 di Manado, Sulut.

Dalam kegiatan tersebut, akan ditampilkan parade kapal perang dari berbagai negara (Internasional Fleet Riview) serta Selam Massal. Pelaksanaan selam massal yang diikuti 1.500 penyelam dikemas dalam suatu upacara bendera di dalam air dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Selam massal ini juga sekaligus sebagai upaya memecahkan rekor dunia “Guinness Book of The World record”. Selama ini rekor dunia selam masih dipegang Maladewa dengan diikuti oleh 900 penyelam pada awal 2009 lalu.

Kegiatan yang digagas TNI AL ini, memiliki makna yang sangat strategis antara lain menggugah semangat dan kesadaran pentingnya membangun kekuatan maritim yang mampu menjaga kepentingan nasional dan internasional, memupuk jiwa dan semangat bahari bangsa Indonesia.

Sedangkan para peserta dari luar negeri, akan mengenal keindahan dan kekayaan laut Indonesia, sehingga akan meningkatkan pemahaman terhadap dunia pariwisata Indonesia, khususnya wisata bahari.

PENKOBANGDIKAL

No comments:

Post a Comment

Post a Comment