Thursday, January 6, 2011

Kurangi Kebisingan di Okinawa, AS Pindahkan Latihan F-15 ke Guam

F-15 Eagles dari 44th Fighter Squadron berlatih dengan Pasukan Bela Diri Jepang Angkatan Udara, 17 November 2010 di lepas pantai Hokkaido, Jepang. Dua belas pesawat dan hamper 200 personil dari Lanud Kadena, Okinawa terlibat dalam latihan terbang. (Foto: USAF/ Tech. Sgt. Mike Tateishi)

6 Januari 2011 -- (Berita HanKam): Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat menyetujui pemindahan sejumlah latihan terbang yang melibatkan jet tempur F-15 berpangkalan di Prefektur Okinawa ke Guam, kemungkinan pada tahun fiskal mendatang, menurut sumber di Kementrian Pertahanan Jepang dikutip harian the Asahi Shimbun, Minggu (2/1).

Meskipun latihan F-15 berpangkalan di Lanud Kadena, Okinawa telah dipindahkan ke sejumlah lanud lainnya di Jepang sejak musim semi 2007, pemindahan ini pertama kalinya dilakukan di luar Jepang.

Keputusan ini bertujuan mengurangi suara bising karena kegiatan pesawat di Lanud Kadena.

Menurut Kemhan Jepang belum ada keputusan dibuat mengenai waktu yang pasti atau jumlah pesawat yang dipindahkan, tetapi pejabat Kemhan mengatakan Kemhan berharap proses dimulai pada tahunn fiskal 2011.

Seorang pejabat Kemhan mengatakan berharap pemindahan latihan melibatkan satu dari dua skuadron di Kadena, total 50 jet tempur berpangkalan di Lanud Kadena.

Sejak Maret 2007, AU AS telah memindahkan sejumlah latihan F-15 ke enam lanud Pasukan Bela Diri Jepang Angkatan Udara diberbagai tempat di Jepang guna mengurangi kebisingan, tetapi pemindahan ini berdampak kecil, ungkap pejabat tersebut.

Sumber: the Asahi Shimbun

No comments:

Post a Comment