Friday, January 7, 2011

KRI Teluk Hading-538 Angkut Pasukan Yonif-742 ke Pangkalan Induk

KRI Teluk Hading. (Foto: Istimewa)

7 Januari 2010, Kupang -- (Pos Kota): Kapal perang unsur jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Hading-538 melaksanakan operasi angkutan laut militer dengan mengangkut pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) 742 kembali ke pangkalan induk di Kodam IX Udayana.

KRI Teluk Hading-538 dengan Komandan Mayor laut (P) Ucuk Heru S saat dihubungi mengatakan bahwa kapal perang jenis AT tipe Froch , selesai melaksanakan embarkasi pasukan di dermaga Tenau Kupang langsung berangkat melaksanakan operasi lintas laut menuju pangkalan Induk pasukan Kodam IX Udayana.

Batalyon 742 dengan kekuatan kurang lebih 600 personel selesai melaksanakan penugasan pengamanan di wilayah Indonesia yang berbatasan dengan Negara tetangga Timor Leste.selama satu tahun dalam rangka pengamanan wilayah perbatasan.

Kegiatan Opeasi angkutan laut Militer ini sebagai salah satu tugas pokok Kolinlamil dalam melaksanakan pergeseran pasukan dari suatu daerah menuju daerah penugasan dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Menurut Komandan KRI Mayor laut (P) Ucuk Heru S , kapal perang ini selama lintas laut di Perairan yang menjadi route pelayaran tetap melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas kapal perang TNI AL melaksanakan pemberhentian, pemeriksaan terhadap kapal-kapal pengguna laut di wilayah tersebut dalam rangka mendukung operasional Armada Kawasan.

Kegiatan operasi keamanan laut ini, paling tidak kehadiran di kawasan perairan dapat mencegah dan menangkal terhadap berbagai bentuk pelanggaran di laut. Selain itu kehadirannya dapat memberikan rasa aman bagi kapal-kapal niaga muupun para pengguna laut di kawasan terebut.

KRI Teluk Hading-538 yang sehari-hari berpangkalan di Jakarta tersebut dibawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil ) Jakarta. Kapal perang dengan kemampuan angkut sampai dengan 600 pasukan tersebut memiliki kemampuan lintas laut dengan kecepatan masimal sampai dengan sekitar 11 knot.

Sumber: Kolinlamil

No comments:

Post a Comment