Sunday, March 21, 2010

India Sukses Uji Coba BrahMos

Rudal BrahMos ditembakan dari INS Ranvir. (Foto: Livefist)

21 Maret 2010 -- Angkatan Laut India sukses menembakan rudal jelajah anti kapal permukaan supersonik, diumumkan perusahaan patungan India-Rusia BrahMos Aerospace, Minggu (21/3).

Rudal ditembakan secara vertikal dari kapal perusak kelas Rajput (Kashin II) INS Ranvir-D54 pukul 11:30 waktu setempat, mengenai sasaran terapung di Teluk Bengala.

Tiga frigate kelas Talwar yang sedang dibangun di Rusia dilengkapi dengan peluncur vertical BrahMos serta sejumlah kapal perang lainnya juga.

Rudal BrahMos mempunyai jarak jelajah 290 km (180 mil), dapat membawa hulu ledak konvensional 200 - 300 kg, dengan kecepatan maksimal 2.5 - 2,8 Mach tiga kali lebih cepat dari rudal jelajah subsonik buatan Amerika Serikat Tomahawk.

BrahMos Aerospace didirikan tahun 1998, perusahaan yang memproduksi dan memasarkan rudal supersonik BrahMos. Versi maritim dan darat sukses diuji coba dan telah dioperasikan AL dan AD India.

Saat ini sedang dikembangkan versi yang dapat dibawa oleh pesawat tempur. India berencana mempersenjatai Sukhoi Su-30MKI dengan versi ini.

Indonesia ditawari rudal BrahMos versi maritim dipasang di kapal perang Indonesia.

RIA Novosti/The Times of India/@beritahankam

No comments:

Post a Comment