Tuesday, February 23, 2010

AL Singapura & Malaysia Latma Malapura, TNI AL & Singapura Bhakti Sosial

Perwira AL Malaysia dan Singapura berdiskusi merencanakan Latma Malapura. (Foto: Mindef Singapore)

23 Februari 2010 -- Angkatan Laut Singapura dan Angkatan Laut Malaysia melakukan latihan bersama Malapura dari 22 Februari sampai 4 Maret 2010.

Tahun ini Malapura ke 20, sebagai tuan rumah Singapura, Malapura diadakan sejak 1984. Kedua AL akan melakukan peperangan laut konvensional dan pengamanan laut di Pangkalan AL Changi dan Selat Malaka.

AL Singapura menyertakan tiga kapal perangnya, frigate RSS Steadfast, korvet rudal RSS Victory dan kapal patroli RSS Daring. Sedangkan AL Malaysia frigate KD Lekiu, korvet KD Laksamana Tun Abdul Jamil dan kapal patroli KD Terengganu.

TNI AL & Singapura Adakan Bhakti Sosial

TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Singapura (Republic Singapore Navy) melaksanakan bakti sosial yang disebut “Indonesia Singapura Bhakti Sosial (ISBS) XVIII/10” di wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, selama empat hari dan dibuka secara resmi oleh Komandan Gugus Keamanan Laut, Komando Armada RI Kawasan Barat Laksamana Pertama TNI Ade Supandi di Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Selasa (23/2). Pada kesempatan tersebut antara lain hadir delegasi RSN Kolonel Jackson Chia.

Bakti sosial tersebut dilatarbelakangi oleh Patroli Terkoordinasi antara TNI AL dengan RSN yang terselenggara selama ini berhasil membina hubungan yang erat antara TNI AL dan RSN. TNI AL dan RSN berusaha meningkatkan komitmen, disamping melaksanakan operasi-operasi yang diselenggarakan di laut, juga melaksanakan kegiatan di darat dengan wujud bakti sosial.

Sasaran yang ingin dicapai dari penyelenggarakan kegiatan sosial ini adalah meningkatkan taraf hidup dan kepdulian terhadap kesehatan, kebersihan dan lingkungan hidup melalui kegiatan penyuluhan kesehatan, pengobatan secara gratis. Selain itu juga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya generasi muda tentang kemaritiman, keamanan laut dan Angkatan Laut melalui kegiatan sosialisasi.

Pada sisi lain terjalinnya kerja sama antar peserta Patkor Indosin dengan aparat terkait dan masyarakat pesisir pantai di Kabupaten Karimun serta dapat meningkatkan pemahaman akan pentingnya menjaga stabilitas perairan, khususnya di wilayah perbatasan melalui upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Upaya TNI AL dan RSN terus mengembangkan kerja sama militer maupun kerja sama untuk penyelesaian Activitas Socio Civic demi kepentingan masyarakat, khususnya Provinsi Kepulauan Riau terus berlanjut. Kegiatan ISBS yang digelar pada tahun 2010 merupakan yang ke-18 kalinya, sedangkan daerah sasarannya kali ini mengambil tempat di pulau Kundur tepatnya di Kelurahan Tg. Batu Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun.

Setelah upacara pembukaan ISBS dilanjutkan dengan penanaman pohon penghijauan trembesi 3.000 pohon dan pohon buah 2.000 batang serta peninjauan ke beberapa lokasi sasaran ISBS.

Kegiatan ISBS XVIII/ meliputi pelayanan kesehatan, antara lain perawatan gigi dan mulut, penyakit dalam, penyakit mata, spesialis anak dan pelayanan KB. Selain itu juga renovasi tempat ibadah (musholah) 2 buah, gereja 1 buah dan sekolah MTS1 buah. Penyuluhan tentang bahaya narkoba, kesehatan dan kebersihan lingkungan, keselamatan pelayaran dan kekamlaan, pembagain tas sekolah kepada Panti Asuhan dan anak-anak kurang mampu,pembagian buku-buku pelajaran kepada sekolah.

Guna menumbuhkan kepedulian masyarakat nelayan tentang pentingnya keselamatan di laut ,TNI AL juga membagikan 200 buah life jaket kepada nelayan dan pengguna jasa laut lainnya.

Dalam ISBS yang ke-18 ini, TNI AL melibatkan 65 personel yang terdiri dari tenaga dokter 4 orang, personel pendukung 60 orang. Sedangkan dari RSN mengirimkan tenaga dokter 4 orang, dan personel pendukung 9 orang, tidak ketinggalan juga dari Pemda Karimun mengirimkan personelnya antara lain dokter 11 orang, dan personel pendukung 4 orang.

Masyarakat di wilayah Pulau Kundur dan sekitarnya merasa sangat senang dan sangat antusias dengan adanya ISBS ini, apalagi kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh TNI AL dan RSN dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat seperti penjualan sembako murah, pengobatan gratis, pembagian life jaket, pembagian bibit pohon buah, renovasi tempat ibadah, sekolah dan lain-lain.

Mindef Singapore/Dispenal/Pos Kota/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment