Wednesday, February 24, 2010

2.500 Prajurit TNI-AL Gelar Inspeksi Laut

Panglima Komando Armada RI Kawasn Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek S (kiri) didampingi calon penggatinya, Laksamana Muda TNI Among Margono, memberikan penghormatan saat inspeksi laut (Admiral Inspection) diatas KRI Weling-822, di Dermaga Ujung, Koarmatim Surabaya, Rabu (24/2). Jabatan Pangarmatim akan diserahterimakan dari pejabat lama ke pejabat baru pada hari Senin, 2 Maret 2010 mendatang yang dipimpin KSAL, Laksmana TNI Agus Suhartono. (Foto: ANTARA/Bhakti Pundhowo/nz/10)

24 Februari 2010, Surabaya -- Sedikitnya 2.500 prajurit TNI Angkatan Laut (AL) menggelar inspeksi laut menjelang pergantian Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim).

Dalam inspeksi laut di kawasan Selat Madura, Rabu, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek Surarto didampingi calon penggantinya, Laksamana Muda TNI Among Margono menumpang Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Weling-882.

Di atas kapal yang dikomandani Kapten Laut (P) Nurozi S. terdapat beberapa pejabat teras Koarmatim. Sementara di belakang KRI Weling-882 tampak ada kawalan dari dua unit kendaraan tempur air "Sea Rider" dari Satuan Pasukan Katak Koarmatim.

Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut Toni Syaiful, mengatakan, inspeksi laut sudah menjadi tradisi di lingkungan TNI-AL untuk memeriksa kesiapan unsur-unsur Koarmatim untuk yang terakhir kalinya sebelum tongkat estafet kepemimpinan diserahterimakan.

"Kegiatan ini selain sebagai ajang perpisahan dengan para prajuritnya, juga menjadi kesempatan memperkenalkan panglima yang baru," ucapnya.

Inspeksi laut diawali pelayaran KRI Weling-882 dari Dermaga A Koarmatim. Kemudian bergerak menuju arah selatan dengan memeriksa jajaran KRI dari berbagai jenis yang sedang bersandar.

Awak KRI Nuku-873, memberikan penghormatan, pada gelar inspeksi laut (Admiral Inspection) di Dermaga Ujung, Koarmatim Surabaya, Rabu (24/2). (Foto: ANTARA/Bhakti Pundhowo/nz/10)

Awak kapal selam KRI Cakra-401, memberikan penghormatan, pada gelar inspeksi laut (Admiral Inspection) di Dermaga Ujung, Koarmatim Surabaya, Rabu (24/2). (Foto: ANTARA/Bhakti Pundhowo/nz/10)

Kegiatan itu berlanjut menuju Dermaga Penjelajah, sebelum meneruskan pelayaran menuju Dermaga Semampir dan merapat di Dermaga Koarmatim di Pulau Madura.

Saat KRI Weling-882 yang ditumpangi Pangarmatim dan penggantinya melewati setiap kapal perang, terdengar bunyi peluit diiringi penghormatan para prajurit TNI-AL yang berbaris di reling kapal sambil serentak menerikkan, "Jalesveva Jayamahe" secara berulang-ulang.

Upacara serah terima jabatan Pangaramatim dari Dadiek kepada Among baru akan dilaksanakan pada Senin (1/3) depan di markas Koarmatim, Dermaga Ujung, Surabaya.

ANTARA JATIM

No comments:

Post a Comment