Monday, December 14, 2009

KSAD: Prajurit Harus Miliki Keunggulan Kompetitif


13 Desember 2009, Magelang -- Kepala Staf Angkatan Darat Jederal TNI George Toisutta menegaskan, prajurit TNI harus memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif dalam menghadapi pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi.

Untuk mencapai sumber daya manusia dengan keunggulan tersebut, katanya di Magelang, Sabtu, diperlukan prajurit yang mempunyai militansi tinggi yaitu memiliki keunggulan moral, profesional, rela berkorban, tidak mengenal menyerah, serta senantiasa manunggal dan bersama-sama dengan rakyat.

Ia mengatakan hal tersebut pada penutupan pendidikan taruna Akademi Militer TA 2009 di Lapangan Pancasila kompleks Akmil Magelang yang diikuti 275 taruna tingkat III Sermatutar.

Menurut dia, prajurit harus senantiasa menempatkan tugas yang diembannya di atas segala-galanya karena tugas merupakan kehormatan, harga diri, dan kebanggaan.

"Semua itu harus dilakukan dengan kerelaan dan tekad pengorbanan secara total, sejalan dengan visi Angkatan Darat yang solid, profesional, tangguh, modern, berwawasan kebangsaan, serta mencintai dan dicintai rakyat," katanya.

Ia berharap kepada para taruna untuk selalu menghayati dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur keprajuritan yang terkandung dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI secara baik dan benar.


Hal tersebut dimaksudkan agar para taruna tidak bimbang dan ragu, baik dalam penugasan di kesatuan maupun dalam mengarungi kehidupan di tengah-tengah masyarakat yang penuh dinamika.

Selain itu, katanya, perlu dipahami bahwa tentara rakyat berjuang bersama rakyat dan untuk rakyat. "Untuk itu bangun terus kemanunggalan TNI dengan rakyat karena kemanunggalan TNI dengan rakyat merupakan roh TNI Angkatan Darat," katanya.

Ia juga berharap kepada para taruna yang dalam waktu dekat akan dilantik sebagai perwira itu untuk menegakkan Kode Etik Perwira Budhi Bhakti Wira Utama, yaitu perwira yang senantiasa berbuat luhur dalam membela kebenaran dan keadilan, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
"Jadilah perwira yang militan, tidak mudah mengeluh dan senantiasa tampil sebagai prajurit profesional, berdedikasi dan berdisiplin tinggi, berjiwa kesatria serta berani bertanggung jawab atas segala tindkan yang dilakukan," katanya.

Pada kesempatan tersebut KSAD memberikan penghargaan Adimakayasa dan Trisakti Wiratama kepada taruna berprestasi terbaik, yakni Amito Suryo Mutiara dan penghargaan Trisakti Wiratama kepada Indra Wiratama.

ANTARA JATENG

No comments:

Post a Comment

Post a Comment