Friday, May 29, 2009

Perusahan Patungan Rusia - Belarusia Ekspor Pechora-2M

Pechora-2M diluncurkan. (Foto: ausairpower.net)

29 Mei 2009 -- Perusahaan patungan Rusia – Belarusia akan mengirimkan sistem pertahanan udara Pechora-2M ke lima negara dalam waktu dekat. Pechora-2M merupakan versi up-grade Pechora (SA-3 Goa) sistem misil permukaan ke udara pada ketinggian rendah. Sistem dimodernisasi dengan penambahan fitur jarak lebih jauh (hingga 27 Km), menaikkan probabilitas membunuh, lebih tahan jamming, serta kemampuan mengenali beberapa sasaran termasuk misil jelajah.

“Kami akan mengirimkan sistem pertahanan udara Pechora-2M ke tiga negara eks-Uni Sovyet dan dua (lagi) negara asing segera,” ujar Vyacheslav Karatayev, tanpa menyebutkan secara spesifik nama pelanggannya. Karatayev menambahkan perusahaan telah mengadakan pembicaraan dengan sepuluh negara lainnya guna penjualan sistem misil Pechora.


“Sistem ini sangat populer diseluruh dunia. Akan tetapi, kami masih belum mampu menaikkan kapasitas produksi hingga 15 – 17 sistem pertahun, seperti saat era Sovyet,” ujar Karatayev.

Sejumlah sumber media Rusia baru-baru ini melaporkan portofolio order ekspor 2009 – 2011 untuk Pechora-2M dan Pechora-2A total 200 unit, termasuk 70 unit untuk Mesir. Perusahaan patungan sistem pertahanan dibentuk 1996 dibawah kesepakatan antar pemerintah Rusia – Belarusia. Perusahaan mempunyai 38 anak perusahaan di dua negara tersebut dan fokus pada produksi, ekspor, dan pelayanan purna jual sistem pertahanan udara Pechora-2M.

RIA Novosti/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment