Friday, May 29, 2009

AL Australia Jajaki Kerja Sama Dengan Koarmatim


27 Mei 2009, Surabaya -- Armada Angkatan Laut Australia sedang menjajaki kerja sama di bidang pengamanan laut dengan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

Hal itu ditunjukkan dengan kunjungan Panglima Armada Utara Australia (Commander Northern Command), Commodore David Dwyther, ke Koarmatim yang bermarkas di Ujung, Surabaya, Rabu.

Rombongan pejabat militer angkatan laut Negeri Kanguru tersebut, diterima Panglima Koarmatim, Laksamana Muda TNI Lili Supramono dengan didampingi Kepala Staf Koarmatim, Laksamana Pertama TNI Slamet Yulistiono, dan para Asintel Koarmatim.

Kedua belah pihak mengadakan pertemuan secara tertutup di Gedung Gajah Mada, Pelabuhan Ujung, selama beberapa jam.

"Agenda utama yang dibahas dalam kunjungan singkat itu adalah masalah kerja sama dan saling menjaga hubungan baik antarangkatan laut kedua negara," kata Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut Drs. Toni Syaiful.

Setelah melakukan pertemuan secara tertutup, Pangarmatim dan Panglima Armada Angkatan Laut Utara Australia, berfoto bersama di depan Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya).

KRI Hiu. (Foto: Karbol1978)

Pengambilan gambar untuk dokumentasi itu dilanjutkan dengan acara saling menukar cendera mata kedua pucuk pimpinan angkatan laut itu.

Dalam kesempatan tersebut, Commodore David Dwyther sempat mengamati Kapal Perang RI (KRI) Hiu-804 yang bersandar di Dermaga Ujung.

Di kapal perang itu, Panglima Armada Utara Australia itu menerima penjelasan dari Komandan KRI Hiu-804, Mayor laut (P) I.G.P. Alit Jaya.

(ANTARA JATIM)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment