Wednesday, May 27, 2009

Kolinlamil Gelar Latihan Hellydeck Party


27 Mei 2009, Jakarta -- Dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit khususnya Anak Buah Kapal, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan kegiatan latihan tidak terprogram berupa Latihan Hellydeck Party. Latihan tersebut berlangsung sejak tanggal 18 sampai dengan 20 Mei 2009 berupa latihan kering dan dilanjutkan latihan basah pada tanggal 25 Mei 2009.

Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis yang semakin pesat maka tugas-tugas kedepan tidaklah semakin ringan. Oleh karena itu, pemimpin Kolinlamil memandang perlu dilaksanakannya latihan-latihan secara bertingkat dan berlanjut baik secara terprogram maupun tidak terprogram dengan harapan pada saat digunakan seluruh Alutsista dan personel di lingkungan Kolinlamil dalam kondisi siap sehingga tugas pokok yang dibebankan dapat terlaksana secara optimal. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Tripilar kebijakan yang telah digariskan oleh pemimpin, khususnya untuk peningkatan kesiapan operasional dan peningkatan profesionalisme prajurit.

Pada pelaksanaan latihan tersebut Kolinlamil bekerjasama dengan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) untuk penyediaan tenaga pelatih dan dukungan pesawat rotary wing (helikopter). Latihan tersebut berlangsung di Teluk Jakarta dengan melibatkan satu KRI yaitu, KRI Tanjung Kambani-971 dengan komandan kapal Letnan Kolonel Laut (P) Bambang Irawan dan satu heli TNI Angkatan Laut jenis Bell HU-417 dengan pilot Kapten Laut (P) Himawan. Metode yang diterapkan adalah dengan penyampaian pelajaran teori dan praktek baik tanpa pesawat atau menggunakan pesawat. Pada saat menggunakan pesawat dilaksanakan sebanyak empat kali Touch and Go dan satu kali Cut Enggine. Selama pelaksanaan latihan kering seluruh ABK selalu memperhatikan dengan seksama materi-materi yang diberikan oleh instruktur sehingga dalam pelaksanaan yang latihan basah (menggunakan helikopter) dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

(Dispen Kolinlamil)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment