Tuesday, April 7, 2009

Dua Hercules Angkut Jenazah 18 Korban Fokker

18 jenazah diberangkatkan dari Lanud Hussein Sastranegara dengan menggunakan dua pesawat Hercules jenis C130 milik TNI. (Foto: foto.detik/Andri Haryanto)

7 April 2009, Bandung -- Jenazah 18 prajurit TNI korban jatuhnya pesawat Fokker 27 TNI-AU, Selasa pagi diterbangkan dengan dua pesawat Hercules dari Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, untuk dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Pesawat Hercules itu juga mengangkut keluarga korban yang telah tiba di Bandung sejak kemarin.

Sebelumnya, jenazah para korban disemayamkan di RS TNI-AU Salamun Ciumbuleuit, Kota Bandung.

18 jenazah Para Lanjut Tempur (PLT) diberangkatkan dari Lanud Hussein Sastranegara, Bandung. Tampak jenazah salah satu siswa dimasukkan ke dalam pesawat. (Foto: foto.detik/Andri Haryanto)

Para korban yang anggota TNI-AU itu dilepas dalam upacara militer dipimpin oleh Komandan Korps Paskhas, Marsma Harry Budiono, di Lapangan Udara Husein Sastranegara, Bandung, pada pukul 07.15 WIB.

Menurut Kepala Penerangan Korps Paskhas, Letkol Nairiza, jenazah korban akan diterbangkan menuju daerah asal masing-masing, yakni ke Yogyakarta, Surabaya, Madiun, Bali, Makasar dan Padang.

"Ada 18 korban yang diangkut pagi ini, mereka akan diantarkan langsung ke daerah asal masing-masing, termasuk Kapten penerbang F-27 itu, yakni ke Bali," katanya.

Sementara itu, suasana haru telihat di Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Sejumlah karangan bunga berjejer di salah satu hanggar di lapangan udara itu.

Sejumlah keluarga korban jatuhnya pesawat F-27 itu juga tampak di sela-sela upacara pemberangkatan jenazah prajurit TNI itu.

Sebelumnya, lima jenazah lainnya dan kru pesawat F-27, tadi malam sudah diberangkatkan ke Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta dan rencananya akan dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta hari ini. (ANTARA)

No comments:

Post a Comment