Tuesday, June 26, 2012

Tujuh Wong Bee Singgah di Lanud Soewondo

Tiga orang anak melihat 7 pesawat latih tempur jenis KT 1B Wong Bee, yang dibawa Jupiter Aerobatic Team TNI AU, di Lanud Medan, Sumut, Senin (25/6). Kedatangan 7 pesawat latih tempur tersebut, untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang kemampuan pesawat yang akan mengikuti kegiatan 100 tahun Aviasi Thailand. (Foto: ANTARA/Irsan Mulyadi/ss/ama/12 )

26 Juni 2012, Medan: Sebanyak 7 pesawat latih tempur dan latih lanjut milik TNI-AU yang akan mengikuti acara 100 Tahun Aviasi Dunia di Thailand tiba di Bandara TNI-AU Soewondo, Jalan Adi Sucipto Medan, Senin (25/6) siang.

Tujuh pesawat jenis KT-1B Wong Bee dengan jumlah 14 penerbang TNI-AU disambut oleh Danlaud Kol Pnb A Rasyid Jauhari, Kadispora Medan, Hanas Hasibuan, Camat Medan Polonia, perwakilan Kodam I/BB, perwakilan Lantamal Belawan, perwakilan Polda Sumut, dan perwira di jajaran TNI-AU Medan.

Begitu turun dari pesawat, Kadispora Medan, Hanas Hasibuan, mewakili Wali Kota Medan langsung menyerahkan ulos kepada Komandan Tim Jupiter Indonesia Airforce TNI-AU yang diterima oleh Letkol Pnb Dedy Susanto, yang juga Komandan Skuadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sucipto Yogyakarta.

Kedatangan ke-14 penerbang TNI-AU tersebut juga disambut dengan lagu-lagu yang dipersembahkan marching band siswa taruna-taruni ATKP Medan. Keempat belas penerbang tersebut disambut dengan 5 buah lagu.

Warga juga antusias datang ke lokasi Lanud TNI-AU Soewondo Medan menyambut kedatangan 14 penerbang tersebut. Sebelum turun, terlebih dahulu 7 pesawat yang masing-masing dikemudikan 2 orang di dalam pesawat itu melakukan manuver ringan di hadapan para tamu dan masyarakat yang ada di Lanud Soewondo TNI-AU Medan.

Danlanud Soewondo Medan, Kol Pnb A Rasyid Jauhari mengatakan, ketujuh pesawat ini singgah di Medan dan akan dilanjutkan berangkat Selasa hari ini dalam rangka mengikuti acara 100 Tahun Aviasi Dunia di Thailand.

Menurutnya, ini merupakan jenis pesawat spesifikasi latih tempur dan latih lanjut yang wajib dipergunakan oleh para siswa-siswi penerbang seperti Taruna Akademi TNI AU.

“Pesawat ini dilengkapi dengan 1 baling-baling dan pesawat dilengkapi dengan 1 awak di depan dan 1 awak di belakang,” sebutnya. Leader Tim Jupiter Indonesia Airforce TNI-AU, Letkol Pnb Dedy Susanto yang juga Komandan Skuadron Pen didikan 102 Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta mengaku, jenis pesawat KT-1B Wong Bee ini bisa melakukan full manuver ringan dan sedang.

Sumber: Harian Sumut Pos

No comments:

Post a Comment

Post a Comment