Monday, June 25, 2012

TNI AU-USAF Gelar Latma Cope West 2012

(Foto: USAF)

25 Juni 2012, Jakarta: Latihan bersama antara TNI AU dan US Air Force dengan nama Cope West 2012 dibuka secara resmi oleh Komandan Wing I Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Ardhi Tjahjoko selaku Direktur Latihan didampingi oleh Lt Col Rick Richard sebagai Cope West Detachment Commander di gedung Terminal Selatan Lanud Halim, Senin (25/6).

Dalam wawancaranya dengan media, Kolonel Pnb Ardhi Tjahjoko menjelaskan bahwa latihan bersama ini telah berlangsung sejak tahun 2009. Latihan ini sangat menguntungkan bagi personil TNI AU sebab dengan adanya kerjasama yang terjalin akan memudahkan penanggulangan bencana alam yang hingga saat ini telah menjadi kesepakatan bersama negara-negara di dunia untuk saling bekerjasama didalam menangani bencana.

Lebih lanjut dikatakan, latihan ini mengedepankan kerjasama diantara kru kedua Angkatan Udara. “Apa yang baik dari mereka, kita ambil, hari ini terbang statik ke arah Gorda Serang. USAF menggunakan tiga Hercules tipe A, dan tipe long dari TNI AU. Sebanyak seratus dua puluh personil yang terlibat, empat puluh dari TNI AU dan delapan puluh personil dari US Air Force”, kata Perwira Penerbang lulusan AAU tahun 1990.

Sedangkan penuturan Letkol Rick Richard yang berasal dari Yokota Air Force Base Japan ini dikatakan, latihan bersama ini membangun persahabatan diantara kedua Angkatan Udara, membangun kerjasama. Sebab dengan bekerjasama maka akan lebih mempermudah pencapaian sesuatu dalam hal ini adalah penanggulangan bencana.

 Latihan bersama ini akan berlangsung dari tanggal 25 juni 2012 sampai dengan 29 Juni 2012, melibatkan Paskhas TNI AU dan akan dilakukan kegiatan dropping logistic, dropping personel, terbang malam, terbang statik, serta teknik pengepakan yang kuat untuk menjatuhkan logistik, free-fall serta diskusi kelas.

Sumber: TNI AU

No comments:

Post a Comment

Post a Comment