Wednesday, May 30, 2012

TNI AL dan US Navy Gelar Simposium Kapal Selam


30 Mei 2012, Surabaya:Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Kolonel Laut (P) Jefrry Stanley Sanggel SH, membuka simposium kapal selam didampingi oleh Commander Jon Moretty. Rabu (30/5) bertempat di gedung Candrasa, Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Latihan bilateral antara TNI AL dan US Navy dalam Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) Tahun 2012. Latihan bilateral semacam ini berlangsung mulai tanggal 30 Mei s/d 7 Juni 2012.

Beragam kegiatan dilaksanakan mulai dari simposium hingga manuver lapangan menggunakan unsur-unsur dari kedua belah pihak. Ada hal yang beda pada pelaksanaan kegiatan simposium pada Latihan Bersama (Latma) CARAT tahun ini, dimana pada tahun-tahun sebelumnya Satuan Kapal Selam Koarmatim tidak terlibat, namun pada tahun ini Satuan Kapal Selam Koarmatim mendapat tugas sebagai pelaksana Simposium Kapal Selam dengan counterpart dari COMSUBGRU 7 yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Commander Jon Moretty yang jabatan sehari-harinya sebagai DCOS Plans, Exercises and Engagement Submarine Group Seven, yang bermarkas di Yokosuka Jepang.

Komandan Satsel Koarmatim dalam sambutannya antara lain berharap, agar kegiatan Simposium ini dapat ditingkatkan ke arah kerjasama dalam hal pendidikan atau pembelajaran bagi para Perwira Kapal Selam TNI AL serta dapat terlaksananya latihan dalam bentuk manuvra di laut bagi kapal selam kedua negara.

Kegiatan Simposium dilanjutkan dengan presentasi tentang Goals and Assets of Indonesian Submarine Squadron yang disampaikan oleh Mayor Laut (P) Harry Setyawan, SE, yang sehari-harinya menjabat sebagai Palaksa KRI Nanggala-401.

Usai presentasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak hal yang ditanyakan oleh pihak US Navy sebagai bentuk kekaguman dan keingintahuan tentang Satuan Kapal Selam Koarmatim.

Pertanyaan-pertanyaan itu diantaranya tentang berapa banyak Sekolah Kapal Selam TNI AL, meluluskan berapa awak kapal selam tiap tahunnya, bagaimana pelatihan-pelatihan terhadap juru sonar, masalah mutasi awak kapal selam, gaji dan tunjangan yang didapat oleh awak kapal selam, siklus pelayaran kapal selam, dan lain-lain.

Kemudian dilanjutkan dengan Sesi berikutnya berupa presentasi dari US Navy yang disampaikan oleh perwakilan Comsubgru 7, Commander Jon Moretty dengan 4 Presentasi yaitu Introduction to Submarine Group Seven, Career Development, Water Space Managemnet dan Missions and Tactics. Presentasi dibagi dalam 2 (dua) sesi.

Ada hal yang menarik pada saat sesi diskusi yaitu, kegiatan ini ditinjau langsung oleh CTG CARAT 2012 Captain Welsch, yang juga sempat memberikan sambutan tentang bagaimana kekagumannya terhadap komunitas kapal selam di seluruh dunia.

Diakhir pelaksanaan simposium ini juga di bahas tentang rencana latihan bersama antara kapal selam kedua negara di waktu yang akan datang.

Simposium dihadiri oleh 50 peserta dari kedua belah pihak, dalam hal ini TNI AL dihadiri oleh perwakilan Satuan Kapal Selam, Satuan Kapal Eskorta, Satuan Kapal Cepat, Penerbal dan Kolat Koarmatim dan US Navy dihadiri oke perwakilan dari USS Vandegrift, P-3C Orion dan CTF 74.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cindera mata Satuan Kapal Selam dan plakat CARAT 2012 kepada perwakilan dari CTF 74, Commander Jon Moretty yang diserahkan oleh Komandan Satuan Kapal Selam Koarmatim.

Sumber: Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment