Thursday, May 24, 2012

Perwira Tinggi AL Australia Kunjungi KRI Kakap


23 Mei 2012, Surabaya: Perwira Tinggi (Pati) Angkatan Laut (AL) Australia Royal Australian Navy (RAN) Commodore Daryl Bates mengunjungi KRI Kakap-811, yang sedang melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Cassowary Exercise (Cassoex) tahun 2012 di perairan North Australia Exercise Area (NAXA) Darwin, belum lama ini, Senin (14/05).

Kunjungan Commodore Daryl Bates yang menjabat sebagai Commander Training (Comtrain) RAN disambut oleh Komandan KRI Kakap Mayor Laut (P) Himawan. KRI Kakap bersama KRI Tongkol sedang melaksanakan manuvra di laut (Sea Phase) dalam rangka Latma Cassoex tahun 2012.

Pada tahap Sea Phase tersebut kedua KRI di jajaran Satuan Kapal Patroli (Satrol) Koarmatim itu bersama dua kapal perang Australia yaitu HMAS Larrakia-P84 dan HMAS Ararat-P89. Kegiatan latihan di laut dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Mei 2012.

Pada tahap Sea Phase, kapal-kapal tersebut melaksanakan beberapa serial latihan diantaranya latihan manuver taktis/ Tactical Manoeuvre (TACMAN), formasi kapal-kapal tabir pada Night Steaming In Company (NSIC), Gunnery Exercise (GUNEX) penembakan senjata artileri meriam Kaliber 40mm, 25mm, 20mm, 12,7mm, penembakan Senjata Ringan (Senri), pemeriksaan kapal Boarding Exercise (BOARDEX), pembekalan di laut / Replenishment At Sea Approach (RASAP) serta latihan penyelamatan kapal dengan aksi penanggulangan kebakaran dan kebocoran / Damage Control Exercise (DCEX) dan penyelamatan korban di laut secara massal Mass Safety of Life At Sea (Mass Solas).

Melalui Anjungan KRI Kakap Commander Training didampingi Komandan KRI, menyaksikan aksi prajurit TNI AL dan RAN dalam melaksanakan pemeriksaan kapal, penanggulangan kapal dari bahaya kebakaran dan kebocoran serta penyelamatan massal yang terjadi di MV. Jenny Wright-K.

Pejabat tinggi AL Australia tersebut menyampaikan apresiasi dan pujian terhadap prajurit TNI AL yang melaksanaan latihan dengan profesional dan hasil yang sangat memuaskan. Sebelum kembali ke markas HMAS Coonawarra, Commodore Bates menerima cindera mata yang diberikan oleh Komandan KRI Kakap Mayor Laut (P) Himawan.

Sumber: Dispenarmatim

1 comment:

  1. Personil TNI kita tidak kalah gagah. Makanya jangan minder meski peralatan tidak secanggih mereka.

    ReplyDelete