Thursday, May 24, 2012

Latma Cassowary Exercise 2012 Berakhir


23 Mei 2012, Surabaya: Latihan Bersama (Latma) Cassowary Exercise (Cassoex) tahun 2012 berakhir, ditandai dengan sebuah acara penutupan di Arrow Bar sebuah tempat di markas AL Australia HMAS Coonawarra, Darwin Naval Base, belum lama ini, Rabu (16/05).

Hadir dalam acara penutupan itu Commander Training Royal Australian Navy (RAN) Commodore Daryl Bates, Atase Laut Indonesia untuk Australia Kolonel Laut (P) Bambang Pramushinto serta Komandan KRI Frans Kaisiepo-364 Letkol Laut (P) Yayan Sofyan. Acara penutupan Latma Cassoex 12 itu juga dihadiri pejabat latihan dari AL kedua negara yaitu Komandan HMAS Coonawarra Captain Robertson, Commander Alex Hawes (Commander Sea Training Group, Minor War Vessels), Komandan KRI Kakap-811 Mayor Laut (P) Himawan, Komandan KRI Tongkol-813 Mayor Laut (P) Bimo Aji, Komandan HMAS Ararat-P89 Lieutenant Commander Cucchi serta Perwira, Bintara dan Tamtama dari kapal perang kedua negara.

Dalam sambutannya Commander Task Group (CTG) atau Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Cassoex 12 Commader Alex Hawes yang diterjemahkan oleh Wakil Komandan Satgas Mayor Laut (P) Himawan mengatakan beberapa hal diantaranya, bahwa Latma Cassoex 12 secara umum berjalan dengan baik dengan tidak terjadinya kerugian personel dan materil (Zero Accident) pada saat latihan berlangsung.

Hasil yang dicapai pada Latma Cassoex pada tahun 2012 ini melampaui target yang diharapkan. Menurut CTG, selama menjabat sebagai Commander Sea Training Group, Minor War Vessels belum pernah melaksanakan latihan dengan beberapa kapal perang negara lain dengan jarak yang sangat dekat kurang lebih 250 yards dan kecepatan tinggi seperti manuver yang dilakukan oleh KRI Kakap dan KRI Tongkol pada hari pertama latihan.

Hal tersebut dapat dilaksanakan karena mereka sangat yakin akan kemampuan serta profesionalitas dari prajurit TNI AL yang sebelumnya sudah ditunjukkan pada saat pelaksanaan Patkor Ausindo 2012.

Hasil pelaksanaan Latma Cassoex pertama pada tahun 2006 sampai tahun 2012 terjadi peningkatan yang signifikan, bahkan latihan pada tahun ini merupakan latihan dengan hasil terbaik, menurut Commander Alex Hawes.

Commander Task Group juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta latihan yang telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan latihan selama 6 hari dengan penuh semangat tanpa ada kesulitan yang berarti.

Diharapkan latihan ini akan terus berlanjut dimasa-masa yang akan datang, guna meningkatkan hubungan kerja sama yang baik dalam menangani masalah-masalah pelanggaran di wilayah laut negara masing-masing.

Rencananya pada tahun 2014, Indonesia dalam hal ini TNI AL akan menjadi tuan rumah Latma Cassoex berikutnya.

Sumber: Dispenarmatim

1 comment:

  1. Bravo untuk TNI AL. Maju terus, tingkatkan performa personil dan peralatan, demi menjaga wilayah laut dan kekayaan laut kita.

    ReplyDelete