Wednesday, May 23, 2012

KRI Yos Sudarso-353 Dipersiapkan Bertugas ke Lebanon


22 Mei 2012, Surabaya: Dipersiapkan akan bertugas ke Lebanon menggantikan KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Yos Sudarso-353 ditinjau Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum, di Dermaga Semampir Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (21/5) sore.

Disamping meninjau kesiapan kapal, Pangarmatim pada kesempatan tersebut juga memberikan pengarahan kepada para perwira kapal, khususnya para Kepala Departemen Elektronika (Kadep Eka) dari unsur-unsur yang ada dijajaran Satuan Kapal Koarmatim.

“Kapal ini rencananya akan dipersiapkan untuk bertugas ke Lebanon menggantikan KRI Sultan Hasanuddin, untuk itu harus dipersiapkan sedini dan sebaik mungkin,” tegas Pangarmatim kepada perwira kapal yang hadir.

Rencana memberangkatkan KRI Yos Sudarso-353 untuk bergabung dengan Satgas Maritime Task Force (MTF) Konga/ UNIFIL (United Nation Interm Force In Lebanon), memang baru pertama kali ini akan menggunakan kapal perang Kelas Perusak Kawal Berpeluru Kendali.

Sebelumnya, selama empat kali penugasan ke Lebanon selalu memberangkatkan KRI jenis Sigma Kelas. KRI Yos Sudarso-353 merupakan kapal fregat buatan Belanda. Kapal ini dibangun pada tahun 1967 oleh Nederlandse Dok en Scheepsbouw Mij, Amsterdam, Belanda.

Sebelum bergabung dengan jajaran alutsista TNI AL, kapal ini mendapat peningkatan kemampuan, diantaranya pemasangan sistem pertahanan rudal anti pesawat. Kapal perang ini masuk jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmatim. Bertugas sebagai armada patroli dengan kemampuan anti kapal permukaan, anti kapal selam dan anti pesawat udara.

Sumber: Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment