Monday, May 21, 2012

Kemhan dan DINFOS Jalin Kerjasama Pertahanan Bidang Public Affairs


18 Mei 2012, Washington DC: Kapuskom Publik Kemhan RI Brigjen TNI Hartind Asrin mengunjungi Defence Information School (DINFOS), di FT. Meade, Maryland, Amerika Serikat, Rabu (16/5). Kunjungan tersebut dalam rangka kerjasama pertahanan bidang Public Affairs Indonesia – Amerika Serikat.

 DINFOS merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan 32 kursus di bidang Public Affairs diantaranya adalah kursus photography, videography, broadcast radio and television, journalism, photojournalism, public affairs, visual information management. Kursus-kursus yang dilaksanakan oleh DINFOS diikuti siswa-siswa militer maupun sipil dari US Department of Defence, US Army, US Navy, US Air Force, US Marine Coprs dan siswa dari mancanegara (international students).

Pada kesempatan tersebut Kapuskom Publik Kemhan bertemu dengan Commandant of DINFOS Colonel Jeremy M. Martin menyampaikan bahwa Indonesia berkeinginan untuk mengikuti kursus-kursus yang dilaksanakan oleh DINFOS dalam rangka meningkatkan kemampuan personel Kemhan/TNI.

Colonel Martin menyambut baik kunjungan Delegasi Indonesia dan memberikan kesempatan bagi personel Kemhan/TNI untuk mengikuti kursus di DINFOS. Dalam kunjungan ke DINFOS Kapuskom Publik Kemhan didampingi Atase Laut KBRI Washington DC Kolonel Laut Anwar Saadi, Kabag TU Puskom Publik Kemhan Kolonel Kal Anton Iman Santosa, dan Pa FMS KBRI Washington DC Letkol Tek Wajariman.

Selain mengunjungi DINFOS, Kapuskom Publik Kemhan dan rombongan mengadakan kunjungan ke Departemen Pertahanan AS Pentagon di Washington DC. Pada sesi pertama Kapuskom Publik Kemhan dan rombongan mengadakan pertemuan dengan Public Affairs Officer US Cyber Command Colonel Rivers J. Johnson. Colonel Rivers J. Johnson dalam paparannya menjelaskan bahwa US Cyber Command mempunyai misi untuk merencanakan, mengkoordinasikan, mengintegrasikan operasional network informasi pertahanan dan menyelenggarakan operasi military cyberspace (DoD Information Network Operations, Defensive Cyber Operations dan Offensive Cyber Operations).

Pada sesi kedua Kapuskom Publik Kemhan dan rombongan diterima oleh Assistant Secretary of Defence for Public Affairs Mr. George E. Little. Pada pertemuan tersebut, Kapuskom Publik Kemhan menyampaikan bahwa kunjungan tersebut merupakan langkah awal dari kerjasama pertahanan bidang Public Affairs kedua negara dan diharapkan kerjasama tersebut dapat lebih ditingkatkan di masa mendatang.

Bentuk kerjasama Public Affairs yang diajukan oleh pihak Indonesia berupa kunjungan pejabat Public Affairs Kemhan/TNI ke AS, kursus-kursus dan forum dialog.

Mr. George E. Little menyambut baik inisiatif kerjasama yang diajukan Indonesia sebagai bentuk peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara dan mengharapkan kerjasama tersebut dapat dilaksanakan secara konkrit.

Sumber: DMC

No comments:

Post a Comment