Friday, April 20, 2012

Lantamal VII Terima Kapal Patroli Catamaran dari Bakorkamla


20 April 2012, Kupang: Acara serah terima kapal patroli tipe Catamaran 1202 dilaksanakan di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VII Kupang, Selasa (17/04). Penandatanganan Berita Acara kapal Patroli Catamaran dilaksanakan di ruang kerja Danlantamal VII Laksma TNI Karma Suta,SE dengan Letkol Laut (P) Atmu Edi selaku Kasub bag Ops Bakorkamla yang disaksikan oleh Wadan Lantamal VII Kolonel Laut (P) Ketut Arya Budana SE, para Asisten dan Komandan Satkamla Lantamal VII Mayor Laut (P) Yudhoko Timuryanto.

Keistimewaan Kapal Patroli Catamaran 1202 dapat mengarungi perairan dangkal dan sungai. Itu dikarenakan spesifikasi bagian draft nya yang rendah. Kapal ini cukup berbeda dengan jenis kapal-kapal lainnya sebelumnya, kapal ini bisa mengarungi perairan dangkal dan sungai karena spesifikasi draft nya yang rendah, dengan demikian kapal ini cukup ampuh mengejar para pelaku pelanggar hukum laut seperti penyelundup hingga ke perairan dangkal dan sungai yang sering dijadikan basis pelarian potensial mereka.

Kapal Patroli Catamaran 1202 ini juga dilengkapi dengan sarana navigasi dengan sistem komputerisasi yang canggih dan lengkap seperti radar, AIS, echo sounder dan alat komunikasi radio, dua unit mesin pendorong masing-masing berkekuatan 300 PK juga membuat kapal patroli Catamaran 1202 bisa menembus kecepatan 40 knot per jam. Bodinya yang didominasi dari bahan fiberglass juga semakin memudahkan kapal tersebut melaju dengan cepat. Meski tergolong berukuran sedang 10 x 3 meter, namun kapal yang diawaki 4 orang ini mampu mengangkut tambahan personel berikut perlengkapannya sebanyak 10 hingga 12 orang.


Diharapkan dengan kehadiran kapal patrol jenis Catamaran 1202 kemampuan Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal VII dalam melaksanakan penegakan hukum terhadap pelanggaran dilaut dapat lebih ditingkatkan.

Setelah melaksanakan penandatanganan Berita Acara serah terima Kapal Komandan Lantamal VII Laksma TNI Karma Suta,SE didampingi oleh Asops Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Sunarno Adi, Dansatkamla Mayor Laut (P) Yudhoko Timuryanto bersama Letkol Laut (P) Atmu Edi Kasub bag Ops Bakorkamla melaksanakan uji coba kapal dengan berlayar menggunakan Kapal Patroli Catamaran 1202 di Sekitar Selat Semau Kupang.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal VII Laksma TNI Karma Suta, SE. memberikan pengarahan kepada seluruh awak kapal untuk selalu memelihara dan mengoperasikan kapal patrol tersebut sesuai dengan prosedur, sehingga usia pakai kapal dapat dimaksimalkan, guna mendukung operasi kamla di wilayah Lantamal VII.

Sumber: Penerangan Lant7

No comments:

Post a Comment

Post a Comment