Friday, April 20, 2012

Kapal Koarmatim dan Australia Latihan Pemeriksaan di Laut


19 April 2012, Surabaya: Dua kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI Kakap-811 dan KRI Tongkol-813 dari jajaran Satuan Kapal Patroli Komando Armada RI Kawasan Timur (Satrol Koarmatim), melaksanakan latihan bersama pemeriksaan di laut dengan kapal perang Australia Her Majesty Australia Ship (HMAS) Pirie-P87, saat ketika kapal tersebut sedang bersandar di Dermaga Pelabuhan Umum Tenau, Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (18/04). Masing-masing kapal menerjunkan satu tim pemerika di laut Visit Boarding Search And Seizure (VBSS) dalam gladi tersebut.

Gladi pemeriksaan di laut itu diskenariokan bahwa, patroli bersama antara KRI Kakap, KRI Tongkol dan HMAS Pirie-P87, melaksanakan pemerikasaan dan penggeledahan di laut terhadap kapal-kapal yang sedang melintasi perbatasan laut teretorial kedua negara. Selanjutnya tim pemeriksa (boarding team) diterjunkan untuk memeriksa dokumen dan menggeledah muatan kapal tersebut sesuai prosedur hukum laut internasional.

Dalam latihan tersebut, tim pemeriksa dari KRI Kakap dan KRI Tongkol menggunakan sarana kendaraan air cepat Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB), dilengkapi denga senjata organik kapal berupa senjata laras panjang jenis Avtomat Kalashnikov (AK)-SAVZ kaliber 7,62mm dan Pistol P2-Pindad kaliber 9mm.

Tim pemeriksa KRI dan HMAS Pirie melaksanakan aksinya secara bergantian, diawali oleh tim pemeriksa dari HMAS Pirie melaksanakan boarding di KRI Kakap dan sebaliknya tim pemeriksa KRI Kakap melakukan boarding di HMAS Pirie. Masing-masing tim saling berbagi ilmu dan pengalaman mengenai teknik dan taktik sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yang mereka miliki.

Sebelumnya, Asisten Operasi (Asops) Gugus Tempur Laut Wilayah Timur (Guspurlatim) Kolonel Laut (P) Oktavianus Budi Susanto mengunjungi KRI Kakap dan KRI Tongkol. Beberapa saat kemudian Atase Laut Australia untuk Indonesia Captain Katja Bizilj tiba di Dermaga Pelabuhan Umum Tenau Kupang NTT, untuk melaksanakan kunjungan kehormatan Courtesy Call ke KRI Kakap. Kunjungan diplomat Australia itu diterima oleh Komandan KRI Kakap di Lounge Room kapal perang tersebut. Selanjutnya para pejabat itu, menyaksikan gladi pemeriksaan dan penggeledahan yang dilaksanakan oleh boarding team dari KRI dan HMAS Pirie.






Sumber: Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment