Friday, February 3, 2012

Belanda Tetap Tarik Ulur Lepas Tanknya

Leopard 2 dioperasikan Angkatan Darat Jerman, Austria, Kanada, Denmark, Finlandia, Yunani, Belanda, Norwegia, Polandia, Spanyol, Singapura, Swedia, Turki, Portugal dan Chile. (Foto: DID)

2 Februari 2012: Pemerintah Belanda sudah kebelet ingin menjual alat utama sistem pertahanan (alutsista) tua mereka. Cuma, begitu ada negara yang bereaksi dan berniat membeli tank-tank, parlemen menggelengkan kepalanya kuat-kuat. Begitu bunyi kalimat pembuka di harian De Pers hari Rabu (01/02).

Debu pasir bertebangan di sekitar tank tempur Leopard A26. Demikian foto yang terlihat di brosur Kementerian Pertahanan. Kabinet Mark Rutte ingin menambah kas negara dari penjualan 119 tank tipe tersebut. Calon pembeli sudah bermunculan, tapi perkaranya tidak sesederhana itu. Lihat saja kasus Indonesia. Perdebatan seru mengenai penjualan mencuat, baik di negara pemakan keju maupun di negara dengan 245 juta penduduk.

Tembus Hutan

Parlemen Belanda kepingin tahu apa rencana Indonesia, negara kepulauan yang memiliki ratusan hektar hutan, terhadap satu tank yang beratnya setara dengan lima puluh mobil Golfs Volkswagen. Lebih-lebih anggota parlemen khawatir dengan isu hak asasi manusia misalnya dengan rakyat Papua, penduduk asli Nugini. Akhir tahun lalu 12 orang tewas dan ratusan orang ditangkap ketika unjuk rasa pecah.

Menurut organisasi hak-hak asasi manusia, ada demonstran yang bahkan harus mendekam 20 tahun di tahanan dengan dalih mengacu pada undang-undang lama warisan Belanda kolonial. Bagi Partai Sosialis (SP), partai Buruh (PvdA) dan Partai Kiri Hijau (GroenLinks) serta partai Kristen Sosial Konservatif (ChristenUnie) ini sudah cukup menjadi alasan untuk urung melepaskan tank Belanda ke Indonesia. Alasan Partai Kebebasan (PVV) lain lagi. Penduduknya yang 86 persen muslim menjadi alasan keberatan bagi mereka.

Dipermalukan

Tapi ke mana rongsokan Belanda ini harus dijual? tulis De Pers. Selama bertahun-tahun, Belanda tidak pernah keberatan memasok tank ke Arab Saudi dan kendaraan lapis baja ke Mesir dan Bahrain, tapi sekarang banyak anggota parlemen yang keberatan. Bahkan untuk melepaskannya ke negara seperti Yaman dan Turkmenistan, mereka masih harus pikir-pikir dulu.

Ini tidak terlalu mengejutkan. Pada 14 Februari tahun lalu Belanda sontak dipermalukan ketika tayangan televisi mengenai pemberontakan Musim Semi Arab memperlihatkan lewatnya kendaraan perang yang dicurigai mirip dengan alat perang tua Belanda.

Dalam tanggapan terhadap pertanyaan anggota parlemen dari GroenLinks, Arjan El Fassed, Menteri Luar Negri Uri Rosenthal akhirnya harus mengakui bahwa Belanda lebih dari sekali melepaskan surplus pertahanannya ke Bahrain. "Ini termasuk kendaraan lapis baja (panser) 35 M-113 dan 25 YPR," tukas menteri dari Partai Liberal Konservatif (VVD) itu.

Pemasok Besar

"Juga di Mesir, pada insiden Maspero bulan Oktober, dimana 27 korban tewas, banyak panser yang digunakan," kata anggota dewan Joël Voordewind dari ChristenUnie. "Besar kemungkinan panser-panser bekas kami juga ada di antaranya."

Belanda rupanya pemasok besar kendaraan lapis baja. Hanya ke Mesir saja, antara tahun 1996 dan 2006 sudah lebih dari seribu panser yang terjual. Bahrain dan Mesir bersama-sama menyumbang kas negara Belanda sejumlah 200 juta euro.

Sekarang Indonesia juga berani membayar jumlah yang sama untuk tank-tank Leopard A26. Jumlah yang sulit ditampik oleh Menteri Pertahanan Hans Hillen, padahal kementeriannya harus menghemat 1 miliar euro. Untuk jumlah setinggi ini, menteri dari CDA itu rela mengesampingkan sebentar "moralitasnya."

Anggota dewan Martijn van Dam asal PvdA, yang sebelumnya gagal menghentikan rencana pengiriman tank ke Mesir berkomentar: "Negara yang sudah jelas-jelas ingin membeli tank, malah dilarang. Lihat dong negara-negara yang telah kita pasok sebelumnya, sebanyak apa demokrasi terjadi di sana?" Demikian De Pers.

Sumber: RNW

3 comments:

  1. DASAR BELANDA NEGARA MISKIN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    BILANGNYA NYARI TERUS MAU BELI REMPAH-REMPAH DARI NKRI. SETELAH SEMUANYA BERJALAN MAKA KETAHUAN BELANGNYA MEREKA IBLIS BAJINGAN MAU MENJAJAH, MEMISKINKAN, SERTA MENGGOBLOKI BANGSA INDONESIA. SEKARANG MEREKA SEDANG SEKARAT DIHANTAM KRISIS EKONOMI BERKEPANJANGAN.SEMOGA TUHAN MENGHANCURKAN MEREKA DENGAN TELAK !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    TAK ADA YANG BISA DIGANTI RUGI SETELAH PEMBANTAIAN WESTERLING MAKASSAR, APRA, PALAGAN AMBARAWA, RAWAGEDE BEKASI DAN DI SELURUH PENJURU NUSANTARA, IBLIS BELANDA TAK AKAN MAMPU MENGGANTI RUGI SEMUA NYAWA PARA PEJUANG KITA YANG TELAH MEREKA CABUT

    ReplyDelete
  2. BELANDA NEGARA KUMUH DAN MISKIN NEGARA PENJAJAH. NEGARA BERHARKAT DAN BERMARTABAT RENDAH. KITA TAK PATUT DAN MERASA JIJIK MENDEKATI NEGARA BELANDA. MEREKA ANJING KURAP YANG TAK BOLEH DIKASIHANI. SEKARANG MEREKA AMAT SANGAT SEKARAT DENGAN BENCANA DAHSYAT BADAI KRISIS EKONOMI YANG BERKEPANJANGAN. JIKA TERJADI GEMPA DINEGARA MEREKA KITA TAK PATUT DAN MERASA JIJIK MENOLONG MEREKA. COCOKNYA MEREKA MENELAN PIL PAHIT SAMPAI MAMPUS TAK BERKUTIK.

    ReplyDelete
  3. udaaah...
    bandar tank leopard bukan cuma londo aja kok..
    tank ini familiar kok di negara eropa barat...
    pusing2 ganti aja merknya dengan t90 russia
    negara eropa timur familiar kok ama tank ini sebagai bukti
    keandalannya di medan

    ReplyDelete