Thursday, March 24, 2011

Presiden RI Meyakini Dalam JIDD Akan Terjadi Diskusi Yang Produktif

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) dan PM Timor Leste Xanana Gusmao (kanan) menyalami Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Darussalam Pangeran Mohamed Bolkiah (kiri) seusai meresmikan pembukaan Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) Tahun 2011 di Balai Sidang, Jakarta, Rabu (23/3). JIDD Tahun ini mengambil tema "Strengthening Security and Stability" yang diikuti oleh perwakilan dari 34 Negara dan akan berlangsung hingga 25 Maret. (Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf/ss/Spt/11)

24 Maret 2011, Jakarta -- (DMC): Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (23/3), didampingi Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro membuka Jakarta International Defence Dialogue di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, yang berlangsung 23-25 Maret 2011. Saat membuka JIDD, Presiden RI mengatakan bahwa dengan daftar pembicara JIDD yang telah disiapkan, Presiden yakin akan terjadi diskusi yang produktif dalam JIDD ini.

Dalam pembukaannya, Presiden mengatakan, saat ini di dunia tengah terjadi banyak hal seperti konflik di Libya, bencana nuklir di Jepang , demonstrasi di jalanan negara Arab, pengungsi dari negara-negara yang sedang berkonflik yang semua tragedi ini berimplikasi terhadap situasi keamanan.

Dikatakan oleh Presiden, keamanan Internasional menjadi lebih saling terkait antar negara di dunia dan bukannya menjadi lebih mudah, melainkan lebih rumit. Presiden juga menganggap aksi-aksi terorisme semakin gigih, dan kapasitas kelompok teroris juga meningkat dan memberikan tantangan baru dalam penanganannya seperti paket bom yang sedang terjadi di Indonesia.

Negara-negara di kawasan Asia Pasifik, jelas Presiden, saat ini sedang mencari keseimbangan baru yang dapat memastikan stabilitas keamanan yang lebih baik. Setiap komponen bangsa turut berperan dalam perubahan pandangan strategis yang memaksa kita untuk berfikir secara berbeda. Dirinya mencontohkan, seperti sekelompok kecil orang yang mengelola wikileaks dengan agendanya dapat menjadi masalah bagi pemerintah di berbagai negara dengan membawa implikasi politis dan keamanan.

Sementara itu, Menhan Purnomo Yusgiantoro dalam sambutan pembukanya mengatakan, JIDD diharapkan menjadi wadah bagi para ahli dan yang berkecimpung langsung di bidang keamanan dan pertahanan untuk saling berbagi pandangan dan saling bertukar pengetahuan serta pendapat dengan bebas sehingga tercipta dialog yang sehat. JIDD ini juga diharapkan dapat memperkaya dan melengkapi forum-forum serupa yang telah ada. Menhan sangat bangga karena total sekitar 300 peserta dialog berasal dari 34 negara. Meningkatnya keinginan dari komunitas internasional bekerjasama dalam hal strategi dan keamanan.

Di dalam JIDD ini, lanjut Menhan, diharapkan para ahli dibidang keamanan dan pertahanan dapat mengemukakan pemikiran-pemikirannya sehingga menjadi pelajaran bagi peserta dialog yang lebih muda. Menurut Menhan, even besar semacam JIDD ini juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang mengembangkan kerjasama bilateral antar negara maupun antara peserta JIDD.

JIDD yang bertemakan memperkuat keamanan dan stabilitas ini diselenggarakan memperingati Dies Natalis Universitas Pertahanan Indonesia yang ke-2 yang dihadiri pula Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dan Anggota DPR RI, Panglima TNI, Kapolri, Walikota Jakarta, serta pejabat Asean. JIDD ini juga diikuti oleh 34 negara partisipan, wakil-wakil dari generasi muda seperti Taruna Akademi Militer, perwakilan mahasiswa dari perbagai perguruan tinggi negeri dan swasta serta Sekolah-Sekolah Tinggi Negeri lainnya.

Menjadi pembicara dalam JIDD yang berlangsung selama tiga hari ini antara lain; Pangeran Ahmed Bolkiah dari Brunei, Menteri Strategi Keamanan Internasional dari Inggris Gerald Howard MP, Wakil Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean, dan Wakil Sekjen Operasional PBB Alain Le Roy.

Sumber: DMC

2 comments:

  1. INDUNESA KUDU JADI PAMINGPIN ASEAN DA IYUE TEH TOS DITITAHKEUN KU NGAING SRI BADUGA MAHARAJA RATUJAYADEWATA. MAHAPATIH BUNISORA SURADIPATI KU NGAING GEUS DITUNJUK JANTEN STRATEGIC PLANNER OF MAXIMUM ESSENTIAL FORCE JANG TNI PIKEUN MINGPIN SADAYA JALMI-JALMI NU PABALATAK DINA GUGUSAN NUSA ASEAN.KAHAREP INDUNESA KUDU MINGPIN DUNYA SADAYA, KAHAREP DEUI INDUNESA KUDU MINGPIN JAGAD ALAM SEMESTA,MONTONG KASIUEN KU AMERIKA SAGALA, DA CUA PISAN NYANEHNA KA NGAING. KEN WAE AMERIKA GES NEPI NGAPUNG JENG NGAWASA PLANET MERKURIUS, AYUENA BANGSA INDUNESA KU NGAING KUDU NGAREBUT DEUI ETA PLANET MERKURIUS TI AMERIKA.BONGAN DA CUA PISAN JIGA LUTUNG TULAK CANGKENG SAGALA!!!!
    BANGSA INDUNESA KUDU KAHURMAT MONTONG ELEH KU AMERIKA, SI LUTUNG TULAK CANGKENG.BANGSA INDUNESA KUDU NGAWASA PIKUEN JAGAD ALAM SEMESTA TUR NGAHIRUPAN SAGALA MAKHLUK NU AYA DIDINYA.

    TITAH SRI BADUGA MAHARAJA RATU JAYADEWATA
    TI GUSTI NU MAHA ESA ALLAH SWT

    ReplyDelete
  2. INDUNESA KUDU JADI PAMINGPIN ASEAN DA IYEU TEH TOS DITITAHKEUN KU NGAING SRI BADUGA MAHARAJA RATUJAYADEWATA. MAHAPATIH BUNISORA SURADIPATI KU NGAING GEUS DITUNJUK JANTEN STRATEGIC PLANNER OF MAXIMUM ESSENTIAL FORCE JANG TNI PIKEUN MINGPIN SADAYA JALMI-JALMI NU PABALATAK DINA GUGUSAN NUSA ASEAN. KAHAREP INDUNESA KUDU MINGPIN DUNYA SADAYA, KAHAREP DEUI INDUNESA KUDU MINGPIN JAGAD ALAM SEMESTA,MONTONG KASIEUN KU AMERIKA SERIKAT SAGALA, DA CUA PISAN NYANEHNA KA NGAING. KEN WAE AMERIKA SERIKAT GEUS NEPI NGAPUNG JEUNG NGAWASA PLANET MERKURIUS, AYEUNA BANGSA INDUNESA KU NGAING DITITAH KUDU NGAREBUT DEUI ETA PLANET MERKURIUS TI AMERIKA SERIKAT. BONGAN DA CUA PISAN AMERIKA SERIKAT JIGA LUTUNG TULAK CANGKENG SAGALA!!!!
    BANGSA INDUNESA KUDU KAHURMAT MONTONG ELEH KU AMERIKA SERIKAT, SI LUTUNG TULAK CANGKENG.BANGSA INDUNESA KUDU NGAWASA PIKUEN JAGAD ALAM SEMESTA TUR NGAHIRUPAN SAGALA MAKHLUK NU AYA DIDINYA. DENGEKEUN YEUH TITAH NGAING BANGSA INDUNESA KUDU NGAWASA PIKUEN JAGAD ALAM SEMESTA TUR NGAHIRUPAN SAGALA MAKHLUK NU AYA DIDINYA.

    TITAH SRI BADUGA MAHARAJA RATU JAYADEWATA
    TI GUSTI NU MAHA ESA ALLAH SWT

    ReplyDelete