Monday, November 1, 2010

Menhan Rusia Tegaskan Akan Beli LHD dari Negara Asing

Kapal pengangkut helikopter Mistral bersandar di Sungai Neva di kota St. Petersburg, Rusia 23 November 2009. Rusia merencanakan membeli kapal sekelas Mistral senilai 400-500 juta euro (600-750 juta dolar) dari Perancis. AL Rusia dan para pakar industri pertahanan Rusia mengunjungi kapal saat bersandar. (Foto: AP)

01 November 2010 -- Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Serdyukov menegaskan Kementrian Pertahanan berencana membeli dua kapal pengangkut helikopter dari negara asing untuk Angkatan Laut Rusia dan akhirnya membuat kapal sejenis di tanah Rusia.

“Kami sedang membicarakan pembelian dua kapal pengangkut helikopter. Lebih dari itu, kami akan membeli kapal tersebut beserta dokumen teknis yang lengkap jadi akhirnya kami mampu membuat kapal di perusahaan kita,” ucap Serdyukov saat diwawancarai pada suatu program televisi Vesti Nedeli, Minggu (31/10).

Kemenhan Rusia telah mengundang sejumlah perusahaan dari Spanyol, Belanda, Korea Selatan, Rusia dan Perancis mengikuti tender pembelian kapal pengangkut helikopter.

Sebelumnya Moskow telah mengadakan pembicaraan dengan perusahaan Perancis DCNS untuk membeli kapal pengakut helikopter kelas Mistral dengan skema 2+2 dimana Rusia akan membeli satu atau dua kapal kelas Mistral dan membangun dua kapal lainnya berdasarkan lisensi di dalam negeri.

Pembicaraan ini dihentikan sampai hasil tender diumumkan.

Galangan kapal Saint-Nazaire di Perancis sepertinya akan mendapatkan tender pembuatan kapal pengangkut helikopter untuk AL Rusia.

RIA Novosti/Berita HanKam

No comments:

Post a Comment