Tuesday, October 26, 2010

Rusia Buka Tender Pembelian Kapal Amphibi Angkut Helikopter

Mistral berlabuh di sungai Neva, St. Peterburg, Rusia, Senin 23 November 2009. (Foto: AP)

26 Oktober 2010 -- Kementrian Pertahanan Rusia telah mengumumkan tender pembelian kapal serbu amphibi untuk Angkatan Laut Rusia, ujar wakil menteri pertahanan Vladimir Popovkin di eksibisi Euronaval 2010, Paris, Selasa (26/10).

“Kami telah mengumumkan tender pembelian dua kapal beserta alih teknologi untuk pengiriman selanjutnya,” ungkap Popovkin. Popovkin mengatakan tender tidak dipublikasikan, dan ia tidak mengungkapkan detil tender tersebut.

“Tetapi kami telah mengirimkan proposal ke seluruh negara berkemampuan membuat kapal kelas serbu amphibi,“ ditambahkan dimana kesepakatan, berdasarkan hasil tender, akan selesai akhir tahun ini.

Harian Rusia Vedomosti memberitakan, peserta tender termasuk perusahaan Rusia United Shipbuilding Corporation bekerja sama dengan perusahaan Perancis DCNS (kelas Mistral), biro disain Nevski di St. Petersburg (kelas Ivan Rogov), perusahaan Korsel STX (kelas Dokdo) dan perusahaan Spanyol Navantia (kelas Juan Carlos I)

Para pakar pertahanan Rusia mengatakan kapal serbu amphibi kelas Mistral kandidat terkuat pemenang tender. Tetapi, kepala delegasi Rusia di Euronaval 2010 Ivan Goncharenko, mengatakan Rusia telah menghentikan pembicaraan dengan Perancis.

Moskow telah berunding dengan Paris mengenai pembelian kapal perang kelas Mistral dengan skema 2+2 dimana Rusia akan membeli satu atau dua kapal yang dibangun di Perancis dan membangun dua kapal lagi berdasarkan lisensi di galangan kapal Rusia.

Harga dua kapal Mistral yang dibangun di Perancis diperkirakan senilai 1 milyar euro (1.4 milyar dolar).

Mistral mampu membawa dan mengoperasikan 16 helikopter, 4 kapal pendarat, hingga 70 kendaraan lapis baja termasuk 13 tank dan 450 prajurit.

RIA Novosti/Berita HanKam

No comments:

Post a Comment