Friday, January 22, 2010

RI-Malaysia Bangun Kerja Sama Pertahanan

Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso menyematkan tanda kehormatan 'Bintang Kartika Eka Paksi Utama' kepada Panglima Tentera Darat Malaysia, Jenderal Tan Sri Muhamad Ismail Bin Hj Jamaludin. Penyematan dilakukan di ruang hening Mabes TNI Cilangkap, Jaktim, Kamis (21/1). Penganugerahan tanda kehormatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 012/TK/Tahun 2009. (Foto: Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi).

22 Januari 2009, Jakarta -- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta mengatakan bangsa Indonesia dan bangsa Malaysia memiliki kedekatan kultural karena kedua negara berada pada geografi yang berdekatan. Kedekatan seperti itu sangat membantu bagi usaha kedua negara dalam membangun kerja sama di berbagai bidang, termasuk dalam bidang pertahanan.

Demikian dikatakan KSAD Jenderal George Toisua ketika menerima Kunjungan Panglima Tentera Darat Malaysia (PTDM), Jenderal Tan Sri Muhammad Ismail bin Haji Jamaluddin beserta rombongan di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Kamis (21/1).

Menurut KSAD, upaya mempererat jalinan persahabatan dan kerja sama di antara negara-negara tetangga merupakan suatu kebutuhan. Bahkan merupakan suatu tuntutan agar suatu negara dapat tetap eksis menghadirkan dirinya sebagai bagian dari masyarakat dunia.

Kerjasama seperti itu, menurut KSAD, tentunya akan membuka kesempatan bagi prajurit-prajurit kedua negara untuk saling berkunjung dan memperluas wawasan serta meningkatkan profesionalisme Angkatan Darat Indonesia dan Malaysia. Konsep pemikiran dan tindakan seperti itulah yang akan terus dijalankan dan akan terus dibangun sertakan direalisasikan pada waktu-waktu mendatang.

George Toisutta berharap hubungan dan kerja sama yang telah berjalan dengan baik antara tentara Angkatan Darat Indonesia dan Malaysia perlu ditingkatkan dalam rangka menciptakan keamanan dan perdamaian antarkedua negara khususnya dan di kawasan Asia Tenggara pada umumnya.

Penganugerahan ini sebagai wujud penghargaan pemerintah Indonesia terhadap Panglima Tentera Darat Malaysia yang mampu membangun kerjasama antara Tentera Darat Malaysia dengan TNI AD pada umumnya dan antara kedua angkatan bersenjata.

Secara terpisah, PTDM Malaysia Jenderal Tan Sri Muhammad Ismail bin Haji Jamaluddin juga melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dan kepada Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro.

Dalam siaran pers Puspen Mabes TNI yang diterima Jurnal Nasional, Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso menyematkan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama kepada Panglima Tentera Darat Malaysia, Jenderal Tan Sri Muhamad Ismail Bin Hj Jamaludin.

JURNAL NASIONAL

No comments:

Post a Comment