Sunday, January 24, 2010

Prajurit TNI Latihan PHH di Libanon


23 Januari 2010, Lebanon -- Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Kontingen Garuda XXVI-B2 INDO Force Protection Company (FPC) misi perdamaian PBB di Lebanon, pimpinan Komandan Satgas Letkol Inf Fulad,melaksanakan latihan CRC Platoon (Crowd and Riot Control) / Pasukan Penanggulangan Terhadap Massa, dan Kekerasan yang dikenal dengan Pasukan Anti Huru Hara (PHH), di Sudirman Camp, Naqoura-Lebanon Selatan.

Pelatihan PHH di Sudirman Camp, Naqoura, Libanon tersebut berlangsung selama dua hari (21 – 22 Januari 2010), dipimpin oleh Kapten Psk Yoshafat (Perwira Seksi Operasi), Letda Inf Muhammad Rifqi (Wakil Komandan Tim), dan Serka Suprayitno (Bintara Seksi Operasi) Satgas Force Protection Company.

Latihan ini terbagi dalam dua tahap, yaitu pemberian materi tentang teori CRC di ruang kelas meliputi Organisasi Platoon CRC, Alat Perlengkapan, Formasi, dan Tindakan Keamanan serta pelaksanaan praktek latihan CRC di lapangan hitam Sudirman Camp.

Menurut Dansatgas Konga XXVI-B2 Letkol Inf Fulad, pelatihan PHH merupakan salah satu bagian dari tugas pokok Satgas FPC Konga XXVI-B2.

Diantaranya, mengendalikan keamanan di wilayah timur Markas Unifil ; mengatasi kendala ancaman terhadap Markas Unifil,menyiapkan pengawalan terhadap seluruh aset milik Komandan tertinggi Unifil (Force Commander) selama perjalanan melalui atau ke daerah operasi dengan melakukan koordinasi atas perintah Force Commander ; mendukung kekuatan Unifil lainnya di luar markas didalam hal mengatasi kesulitan yang dialami seperti mendapatkan serangan serta Melaksanakan tugas lainnya terkait pengamanan berdasarkan perintah Force Commander.

Latihan PHH yang direncanakan sebulan sekali ini dimaksudkan untuk membantu serta mengasah kemampuan yang telah dimiliki personel Satgas Force Protection Company dalam mendukung pelaksanaan tugasnya di Lebanon.

Disamping itu, untuk mengasah maupun memelihara kemampuan personel Satgas FPC dalam hal mengendalikan kerusuhan massa, khususnya mengatasi ancaman jarak dekat terhadap Markas Unifil, demikian Dansatgas.

PUSPEN TNI

No comments:

Post a Comment

Post a Comment