Sunday, January 24, 2010

Jet tempur Eurofighter Typhoon Kandidat Pemenang Tender MRCA India

Jet tempur Eurofighter Typhoon milik Jagdbombergeschwader 31 "Boelcke" AU Jerman. (Foto: eurofighter)

24 Januari 2010 -- Jet tempur Eurofighter Typhoon berada diurutan pertama untuk memenangkan kontrak senilai 10,4 milyar dolar dari pemerintah India untuk pembelian 126 jet tempur dibawah program Medium Multi-Role Combat Aircraft (MRCA), dikatakan Duta Besar India untuk Italia Arif Shahid Khan kepada Kantor Berita Reuters, Jumat (22/1), setelah bertemu dengan seorang staf senior Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi.

Menurut sumber di Eurofighter rangkaian pengujian penerbangan selesai pada April, dan keputusan segera diambil.

Program MRCA diikuti oleh lima negara dan enam perusahaan pabrik pesawat, Amerika Serikat diwakili Boeing mengajukan F/A-18 Super Hornet dan Lockheed Martin F-16 IN, Perancis Dassault Rafale, Swedia SAAB JAS-39 Gripen, Rusia MiG-35 serta Konsorsium Eropa terdiri dari Aeronautic Defence and Space Company EADS N.V., BAE Systems plc, dan Finmeccanica SpA, Italia yang mengajukan Eurofighter Typhoon.

Dua jet tempur Typhoon AU Austria terbang di atas kota Zeltweg. (Foto: eurofighter)

Disain kapal jenis replenishment yang dipesan AL India. (Foto: fincantieri)

Dubes Khan mengatakan juga India akan membeli kapal perang jenis refueling dari galangan kapal Italia Finmeccanica senilai 200 juta dolar.

India salah satu importir senjata terbesar di dunia, pemerintah India merencanakan belanja senjata lebih dari 30 milyar dolar untuk meningkatkan pertahanan dalan lima tahun kedepan, guna menangkal potensi ancaman dari Pakistan dan Cina.

REUTERS/@beritahankam

1 comment: