Thursday, January 28, 2010

KRI Teluk Amboina-503 Geser Pasukan Marinir ke Lampung


28 Januari 2010. Jakarta -- Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) jenis Landing Ship Tank (LST), KRI Teluk Amboina-503 melaksanakan pergeseran pasukan Marinir dari kesatuan Pasmar II Jakarta menuju Lampung untuk mengikuti Latihan Pemantapan Terpadu Korps Marinir tahun 2010, Selasa (26/1).

Kapal perang dengan Komandan Letkol Laut (P) Joko Sumitro ini mengangkut lebih dari satu batalyon prajurit Pasmar II Jakarta beserta sejumlah kendaraan tempur untuk bergabung dengan lebih kurang 5.000 prajurit Marinir dalam latihan yang diadakan di Piyabung, Lampung; jelas Kadispen Kolinlamil Letkol Laut (Kh) Drs Agus Cahyono.
Hari ini KRI Teluk Amboina-503 berada di dermaga Panjang Lampung setelah mengadakan debarkasi pasukan Marinir dan sejumlah kendaraan tempur untuk diikutsertakan dalam latihan tersebut diantaranya dua unit Tank BVP, empat unit Howitzer, tiga unit Kappa, serta dua unit RM 70 GRAD.

Sementara itu unsur kapal perang Kolinlamil lainnya yaitu KRI Mentawai-959 dengan Komandan Mayor Laut (P) Lukman Kharis bertolak dari Pangkalan Jakarta guna melaksanakan pergeseran logistik Mabes TNI ke wilayah Indonesia bagian barat, diantaranya ke Malahayati, Mentigi, Belawan, dan Uleu-leuh Aceh dengan mengangkut alat-alat dan perlengkapan TNI untuk didistribusikan ke satuan-satuan TNI di daerah tersebut.

Melaksanakan pergeseran pasukan dan material merupakan salah satu tugas dan fungsi Kolinlamil sebagai pembina kemampuan sistem angkutan laut militer, dengan menyelenggarakan pergeseran pasukan TNI dan Polri yang meliputi personel, peralatan, dan perbekalan; baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis.

PELITA

No comments:

Post a Comment