Sunday, January 24, 2010

AL India Belanjakan 1,5 Milyar Dolar Untuk Satuan Udaranya

Harrier AL India mendarat di dek kapal induk INS Viraat. (Foto: indiabuzzing.com)

24 Januari 2010 -- Saat pemerintah kita sibuk mengurusi dirinya sendiri, pemerintah India terus bekerja memperkuat pertahanan negaranya dari ancaman negara asing.

Pemerintah India akan membelanjakan 1,5 milyar dolar guna meningkatkan kekuatan udara Angkatan Laut India.

AL India merencanakan membeli 16 jet tempur baru MiG-29, setengah lusin helikopter ringan, pesawat nirawak dan helikopter serba guna. Tender akan dilakukan segera, ungkap pejabat India.

Pesawat maritim jenis anti peperangan kapal selam IL-38 milik AL India. (Foto: Indian Navy)

MiG-29KUB akan ditempatkan di kapal induk INS Vikramaditya (eks Admiral Gorshkov). (Foto: migavia)

AL India akan meningkatkan juga kemampuan jet tempur Sea Harrier, pesawat anti peperangan kapal selam IL-38, mengakuisisi lima helikopter patroli KA-31.

“Kami akan mengakuisisi jet tempur dan helikopter baru ….. untuk melengkapi kapal induk baru kami segera terima,” ungkap juru bicara AL India Commander PVS Satish di New Delhi, Kamis (21/1).

Saat ini satuan udara AL India terdiri dari jet tempur Sea Harrier ditempatkan di kapal induk Viraat (eks HMS Hermes), sedangkan MiG-29 akan ditempatkan di kapal induk INS Vikramaditya (eks Admiral Gorshkov).

India sedang membangun satu kapal induk dengan panjang 260 meter di galangan kapal dalam negeri Cochin, peletakan lunas dilakukan Februari tahun lalu . Pemerintah India merencanakan akan membangun lebih dari satu kapal jenis ini.

The Economic Times/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment