Thursday, September 24, 2009

Peletakan Lunas Pertama HMAS Canberra LHD 01

Cutaway LHD kelas Canberra. (Grafis: DID)

24 September 2009 -- Menteri Muda Pertahanan Australia Greg Combet mengumumkan peletakan lunas kapal amphibi pertama (LHD 01) telah dilakukan di galangan kapal Navantia di Ferrol, Spanyol, Rabu (23/9).

Peletakan lunas kapal hampir satu tahun setelah pemotongan baja pertama ditempat yang sama pada akhir September tahun lalu.

Setelah rangka kapal selesai dibangun, selanjutnya dikirim ke Australia. Kemudian superstruktur dibangun, dipasang serta diintegrasikan dengan rangka kapal di galangan kapal BAE Systems Williamstown, Australia.

Sedangkan sistem pertempuran dibuat oleh Saab Systems Australia, yang akan diintegrasikan dengan sistem managemen pertempuran, sistem komunikasi buatan L-3 Communications.

Pemotongan baja pertama pada akhir September 2008.

Australia meluncurkan Project JP2048 Phase 4A/B senilai 3,1 milyar dolar Australia (2 milyar dolar) yang bertujuan mengakuisisi dua kapal pengangkut helikopter (LHD) untuk menggantikan HMAS Tobruk dan kapal pendarat amphibi kelas Kanimbla.

Dua peserta tender internasional, ADI (sekarang Thales Australia) dan Amaris (sekarang DCN) dari Perancis mengajukan rancangan LHD kelas Mistral sedangkan Tenix (sekarang BAE Systems Australia) dan Izar (sekarang Navantia) Spanyol mengajukan rancangan LHD kelas BPE (Buque de Proyeccion Estrategica), setelah dilakukan evaluasi ditetapkan rancangan Tenix/Amaris sebagai pemenang tender Project JP2048 Phase 4A/B pada 19 Juni 2007.

Kedua kapal digolongkan kedalam kelas Canberra dan diberi nama HMAS Canberra (LHD 01) dan HMAS Adelaide (LHD 02).

LHD 1 akan diluncurkan di Spanyol, Maret 2011 dan tiba di Williamstown pada pertengahan 2012 disusul LHD 02 tiba Februari 2014. LHD 01 diserahkan ke Departemen Pertahanan Australia awal 2014 sedangkan LHD 02 pada pertengahan 2015.

Gambar artis kapal kelas Canberra HMAS Canberra LHD 01 dan HMAS Adelaide LHD 02.

Kapal pengangkut helikopter kelas BPE Juan Carlos L61 milik AL Spanyol. (Foto: jeffhead.com)

RAN/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment