Wednesday, September 23, 2009

AL India Pesan 6 Jet Tempur Tejas Versi Maritim


23 September 2009 -- Angkatan Laut India memesan 6 pesawat tempur Tejas N-LCA (Naval-Light Combat Aircraft), diperkirakan senilai 150 crore Rupee (1 crore = 10 juta) serta diperlukan anggaran sebesar 900 crore Rupee untuk mendukung program N-LCA.

N-LCA akan dioperasikan bersama pesawat tempur buatan Rusia MiG-29K pada kapal induk buatan India. Kapal induk ini sedang dalam proses pembuatan di galangan kapal Cochin, Kochi, yang telah dirancang dilengkapi dengan lift pesawat dan fasilitas perawatan untuk N-LCA, terpisah dari MiG-29K.

N-LCA diharapkan bergabung dengan armada kapal induk 2014. Akan tetapi Program LCA menghadapi masalah dalam pemilihan mesin pesawat baru. Dua mesin -- General Electric GE-414 dan Eurojet EJ-200, saat ini sedang dievaluasi hanya dapat dikirimkan pada 2013 - 2014. Dengan menggunakan mesin baru, N-LCA mempunyai tenaga yang cukup untuk dioperasikan pada kapal induk.

Sementara itu, replika dek kapal induk dibangun di INS Hansa, Goa. Fasilitas ini diharapkan dioperasikan Oktober 2011, akan digunakan N-LCA mendapatkan sertifikat sebelum ditempatkan di kapal induk. Fasilitas ini juga akan digunakan para pilot dan awak pemiliharaan untuk berlatih.

India-defence/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment