Thursday, May 7, 2009

Wasekjen PBB Resmikan UNIFIL HQ New Extension Camp

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) saat meresmikan penggunaan UNIFIL HQ New Extension Camp. (Foto: fotoDetik/Kapten Laut Hondor Saragih)

6 Mei 2009, Lebanon -- Saat kunjungannya ke Lebanon, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) - Mr. Alain Le Roy bersama Force Commander UNIFIL – Mayor Jenderal Claudio Graziano meresmikan penggunaan UNIFIL HQ New Extension Camp pada hari Rabu, 6 Mei 2009. UNIFIL HQ New Extension Camp merupakan perluasan dari UNIFIL HQ Camp yang di dalamnya terdapat Sudirman Camp dan merupakan tempat tinggal dari Satuan Tugas (Satgas) Force Headquaters Support Unit (FHQSU) Kontingen Garuda XXVI-A, Movemoment Control (Movcon) yang mempunyai 10 Helipad, dan fasilitas lainnya yang sedang dibangun.

Indonesia Force Protection Company (Indo FC Coy) bertanggung jawab atas pelaksanaan pengamanan UNIFIL HQ New Extension Camp yang berjumah 150 personel dipimpin oleh Letkol Mar Imam Sopingi (lulusan Akademi TNI Angkatan Laut tahun 1988), mempunyai 1 Tim Kelompok Komando, 4 Tim Kawal yang tiap timnya berjumlah 24 personel dan 1 Tim Markas.

Setiap harinya Indo FC Coy melaksanakan penjagaan di Gaz Station Gate yang merupakan satu-satunya akses masuk ke dalam lingkungan UNIFIL HQ New Extension Camp, melaksanakan kegiatan patroli pengamanan berkendaraan tempur jenis Panser VAB Renault buatan Perancis yang berjumlah 7 buah dan berjalan kaki di dalam dan di luar lingkungan UNIFIL HQ New Extension Camp, melaksanakan penjagaan di 7 (tujuh) titik Observation Post (OP) serta melaksanakan Stand By Force, Crowd and Riot Control (CRC) dan Quick Reaction Team (QRT).

Mr. Alain Le Roy turut didampingi oleh Force Commander UNIFIL - Mayor Jenderal Claudio Graziano. (Foto: detikDetik/Kapten Laut Hondor Saragih)

UNIFIL HQ New Extension Camp merupakan perluasan dari UNIFIL HQ Camp yang di dalamnya terdapat Sudirman Camp. (Foto: detikFoto/Kapten Laut Hondor Saragih)

Tempat ini juga merupakan tempat tinggal dari Satuan Tugas (Satgas) Force Headquaters Support Unit (FHQSU) Kontingen Garuda XXVI-A, Movemoment Control (Movcon) yang mempunyai 10 Helipad dan fasilitas lainnya yang sedang dibangun. (Foto: detikFoto/Kapten Laut Hondor Saragih)

Pelaksana/koordinator tugas sehari-hari Indo FP Coy tersebut dilaksanakan oleh Force Protection Centre (FPC) yang juga membawahi Italy FP Coy. Secara organisatoris semuanya dibawah kendali Indo FHQSU Kontingen Garuda (Konga) XXVI-A yang dipimpin oleh Kolonel Mar Saud Tambatua. yang memilki tugas melaksanakan camp management meliputi bidang logistik, administrasi dan pengamanan di UNIFIL HQ.
(Pen Konga XXVI-A)

No comments:

Post a Comment