Wednesday, May 6, 2009

Sukhoi Hancurkan Sasaran Saat Latihan Di AWR Takalar


6 Mei 2009, Makassar -- Pesawat tempur Sukhoi take off dari run way Lanud Sultan Hasanuddin menuju Air Weapon Rang (AWR) Takalar. Penerbangan ini dimaksudkan dalam rangka melaksanakan misi operasi udara untuk menghancurkan kekuatan musuh yang telah menyusun kekuatan untuk mengancam kesatuan NKRI, khususnya di Sulawesi. Tepat pukul 05.30 Wita pesawat Sukhoi melaksanakan pengeboman dengan menggunakan Bomb P–100/Gun dan sasaran luluh lantah.

Di Lanud Sultan Hasanuddin Tim Kamhanlan dan personel Lanud Sultan Hasanuddin melaksanakan operasi pertahanan udara dengan menggunakan persenjataan yang dimiliki. Hal ini dilaksanakan untuk mempertahanakan Lanud dari serangan udara musuh baik dari udara maupun darat. Selanjutnya, pesawat Sukhoi melaksanakan attack ke hangar Skadron Udara 5 yang mengalami kebakaran. Peristiwa yang tidak terelakkan dari serangan udara musuh itu, tidak hanya menelan kerugian materi tapi juga memakan 2 orang korban. Penanggulangan akibat serangan udara musuh dilaksanakan dan selanjutnya dievakuasi tim medis personel Rumkit Lanud Sultan Hasanuddin.

Setelah melaksanakan attack, pesawat Sukhoi mengalami permasalahan yaitu oxygen tercampur asap akibat kebakaran pada avionic bay. Kejadian sangat berbahaya baik untuk penerbang maupun pesawat. Dengan sigap penerbang memutuskan untuk mendarat darurat. Keputusan ini tepat, sebab setelah pesawat shut down engine penerbang pingsan dan selanjutnya ditangani oleh crash Team Lanud Sultan Hasanuddin.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara satuan jajaran Lanud Sultan Hasanuddin, kekuatan musuh dapat dihancurkan dan keadaan kembali aman. Demikian skenario akhir dari Latihan Sriti Gesit TA 2009 Lanud Sultan Hasanuddin.

Tepat pukul 10.00 Wita, Latihan Sriti Gesit ditutup secara resmi oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Ida Bagus Putu Dunia dengan upacara militer di Apron Galakatika Lanud Sultan Hasanuddin. . Hadir pada kesempatan tersebut, Kadispers Kolonel Pnb Djamaluddin, Kadisops Letkol Pnb Andi Heru Wahyudi, Komandan Satuan, Perwira dan seluruh personel Lanud Sultan Hasanuddin.

Terhadap latihan yang telah dilaksanakan Komandan Lanud memberikan apresiasi positif. Dalam sambutannya Komandan Lanud bangga dan menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada seluruh personel yang terlibat dalam Latihan Sriti Gesit TA 2009.
(TNI AU)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment