Tuesday, May 19, 2009

Qatar Tertarik Beli CN 235

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) dan Amir Qatar Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani (kedua kiri) menyaksikan pertukaran naskah Nota Kesepahaman antara Menlu Hassan Wirajuda (kedua kanan) dan Menteri Negara Urusan Kerjasama Internasional Qatar, Khaled Mohamed Al-Attiyah seusai penandatanganan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/5). Nota Kesepahaman antara kedua negara tersebut soal kerjasama di bidang ekonomi dan teknik. (Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf/Koz/hp/09)

19 Mei 2009, Jakarta -- Emir Qatar Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani tertarik untuk membeli pesawat CN 235 produksi PT Dirgantara Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Sheikh Hamad saat bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, sebagai salah satu topik pembicaraan dalam pertemuan bilateral di sela-sela kunjungan Emir Qatar itu.

"Tadi saat Presiden bicara dengan Emir tentang CN 235, Emir langsung bilang mau beli dan instruksikan asistennya untuk hubungi Menteri BUMN atau perusahaan sehingga bisa segera order atas pesawat tersebut," kata Juru Bicara Kepresidenan bidang luar negeri Dino Patti Djalal kepada pers usai pertemuan kedua pemimpin itu.

Meski demikian belum dibicarakan jumlah pesawat yang akan dibeli karena, menurut Dino, hal itu akan dibicarakan lebih lanjut antara pihak Qatar dengan departemen terkait dan PT Dirgantara.

"Jumlah pesawat tidak disebutkan hanya akan beli, Emir memang sedang mencari pesawat kapasitas 12 hingga 35 penumpang," katanya.

Sementara itu, utusan khusus Presiden soal Timur Tengah Alwi Shihab usai mendampingi Presiden Yudhoyono dalam pertemuan itu mengatakan pembelian pesawat akan dilanjutkan dengan pembicaraan teknis.

"Sudah disampaikan mereka tentu saja kan mau melanjutkan dengan pembicaraan teknis dengan Menneg BUMN, artinya ada interest," kata Alwi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa pagi menerima kunjungan kehormatan Amir Qatar Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden yang didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono menerima kedatangan Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani beserta istri, Sheikha Mozah Bint Nasser Al Missned di Istana Merdeka pukul 10.00 WIB.
(ANTARA News)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment