Tuesday, May 19, 2009

Dua Perwira Marinir AS Kunjungi Mako Pasmar


18 Mei 2009, Surabaya -- Dua perwira Korps Marinir Amerika Serikat atau United State Marine Corps (USMC), Senin, mengunjungi Markas Komando (Mako) Pasukan Marinir (Pasmar)-1 di Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kedua perwira Korps Marinir AS itu diterima Aslog Kaspasmar-1 Kolonel Marinir Enjang Suryana mewakili Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra, sedang perwira dari USMC adalah Letkol Domingue dan Mayor Chorzelewski.

Perwira dari US Marsoc (Pasukan Khusus USMC) itu berada di Indonesia dalam rangka latihan bersama dengan Korps Marinir RI yang bertajuk "Latern Iron 09-1 JCET 2009" di Pusat Latihan Tempur (Puslatpir) Korps Marinir Baluran di Asembagus, Situbondo, Jatim pada 20 April hingga 15 Mei 2009.

Dalam kunjungan ke Mako Pasmar-1, Mayor Chorzelewski memaparkan struktur organisasi USMC, tugas, dan kedudukan USMC.

"USMC dipimpin oleh seorang Jenderal Marinir dan kedudukannya sejajar dengan Kepala Staf Angkatan," katanya.

Sesuai wilayah, katanya, USMC dibagi menjadi dua kekuatan yakni U.S Marine Corps Forces Command (MARFOC) yang meliputi wilayah Eropa, Afrika dan Amerika, sedangkan U.S Marine Coprs Forces Pacific (MARFOFAC) meliputi wilayah Pasifik dengan markas di Hawaii.

Dalam latihan di Situbondo itu, USMC diwakili oleh US Marsoc (U.S Marine Cops Forces Special Operations Command) yang merupakan pasukan khusus Korps Marinir AS, sedangkan dari Korps Marinir RI diwakili Denjaka dan Taifib yang juga pasukan khusus Korps Marinir RI.

"U.S Marsoc yang melakukan latihan bersama di Indonesia merupakan pasukan khusus marinir yang dibentuk pada tahun 2006 dengan dipimpin seorang Mayor Jenderal Marinir," katanya.

Senada dengan itu, Letkol Domingue mengaku sangat senang bisa mengikuti latihan dengan Marinir Indonesia dan mengharapkan kerja sama akan dapat berlanjut terus.

"Dengan kerja sama itu, kami dapat tukar menukar ilmu dan pengalaman," katanya.

Penerimaan kunjungan yang diakhiri dengan tukar menukar cenderamata dan foto bersama itu juga dihadiri Asops Kaspasmar-1 Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Asrena Kaspasmar-1 Kolonel Marinir Abdul Rachman, Aspers Kaspasmar-1 Letkol Marinir Amir Faisol, dan Asintel Kaspasmar-1 Letkol Marinir Edi Juardi.

Latihan bersama Korps Marinir RI-AS di Situbondo itu diakhiri dengan simulasi tentang skenario pembebasan sandera yang ditahan teroris di Surabaya, kemudian dilanjutkan dengan perlawanan terhadap serangan teroris terhadap kantor Konsulat Jenderal (Konjen) AS di Surabaya, pelabuhan Gapura Surya Surabaya, dan Bandara Internasional Juanda, Surabaya.
(ANTARA JATIM)

No comments:

Post a Comment