Sunday, May 31, 2009

AL India Kirim Empat Kapal Perang ke Atlantik

INS Aditya. (Foto: indiannavy.nic.in)

30 Mei 2009 -- Dibawah ambisi menjadi kekuatan “Blue Water”, Angkatan Laut India mengirimkan 4 kapal perangnya pertama kalinya ke Atlantik, guna bergabung dengan kapal-kapal perang AL Perancis, Inggris, Rusia dan Jerman melakukan latihan perang dan peperangan anti kapal selam.

Selama empat bulan penugasan, keempat kapal perang INS Beas, INS Delhi, INS Brahmaputra, dan INS Aditya, akan berlayar melewati laut Arab dan Mediterania kemudian menuju St. Petersburg, Rusia.

INS Delhi adalah dari jenis perusak berpeluru kendali, Brahmaputra dan Beas merupakan frigate berpeluru kendali, sedangkan Aditya kapal tanker yang membawa logistik untuk kapal perang, yang memungkinkan kapal perang berlayar lama jauh dari pangkalan, hingga meningkatkan kemampuan perang laut kapal perang tersebut.

INS Delhi. (Foto: indiannavy.nic.in)

INS Brahmaputra. (Foto: indiannavy.nic.in)

Seluruh kapal perang sudah dalam perjalanan, INS Beas telah berlayar 27 April dan melaksanakan operasi anti perompak di teluk, tiga kapal lainnya meninggalkan Mumbai 13 Mei.

Seluruh kapal perang bergabung dengan AL Inggris untuk melakukan latihan perang tahunan Konkan antara 20 Juni dan 25 Juni, kemudian bergabung dengan AL Juni mulai 30 Juni hingga 4 Juli.

india-defence/@beritahankam

3 comments:

  1. Perlu diperhatikan dengan bijak dan penuh perhitungan taktis dan strategis pengembangan kekauatan AL India dan Cina..

    ReplyDelete
  2. AL Indonesia di Ambalat aja,...Kalau ke Atlantik takut Mogok di Laut,..Nanti pulangnya naik ojek..kasihan...Tapi Kita Pernah "Dilaut (dulu) pernah Jaya" dibawah Majapahit dan Laksamana Nala.

    ReplyDelete