Tuesday, June 2, 2009

HMAS Manoora Kunjungi Surabaya Setelah Ikuti Commando Rajah

HMAS Manoora.

1 Mei 2009 -- Kapal perang Royal Australia Navy (RAN) dari jenis Amphibious Landing Platform, HMAS Manoora L 52, turut mengambil bagian latihan perang bertajuk Commando Rajah dimulai 1 Juni hingga 7 Juni . Commando Rajah latihan perang yang diadakan Inggris ditujukan meningkatkan kemampuan amphibi dari kekuatan militer Inggris terkait tujuan strategis lebih luas dalam hubungan regional dan kemampuan melakukan sejumlah operasi dalam saat bersamaan.

Commando Rajah akan mengkonsentrasikan manuver di wilayah perairan dangkal. Manoora dan peserta latihan lainnya akan fokus pada operasi amphibi dan sungai, serta melakukan latihan peperangan anti kapal selam dan anti kapal permukaan juga.

Selain HMAS Manoora ikut berpartisipasi personel Australian Amphibious Task Group serta anggota dari Deployable Geospatial Team dan tim Australian Clearance Diving. Sebelum kembali ke Australia untuk mengikuti latihan perang bertajuk Talisman Saber di bulan Juli, Manoora akan mampir di Singapura dan Surabaya.

HMAS Manoora
Pemerintah Australia mengakuisisi dua kapal perang bekas pakai US Navy kelas New County, USS Fairfax County (LST-1193) menjadi HMAS Manoora L 52 bertugas 24 November 1994 dan USS Saginaw (LST-1188) menjadi HMAS Kanimbla pada Agustus 1994, kedua kapal digolongkan kelas Kanimbla di RAN.

HMAS Manoora L 52, kapal kedua diberinama Manoora. Yang pertama merupakan bekas kapal penumpang yang digunakan selama Perang Dunia Ke-2. Manoora I terlibat di wilayah Pasifik selama perang, termasuk melakukan pendaratan di Morotai, Teluk Leyte, Teluk Lingayen, Tarakan, Selat Brunei dan Balikpapan.

Kapal pendarat dari HMAS Manoora saat latihan perang Sea Eagle. (Foto: navy.gov.au)

Helikopter Sea Hawk dan Sea King diatas dek HMAS Manoora saat latihan perang RIMPAC 2006. (Foto: navy.gov.au)

Manoora L 52 tugas utamanya sebagai sarana transportasi, dukungan sebuah kontingen angkatan darat berkekuatan 450 prajurit, berikut kendaraan dan peralatannya. Manoora dilengkapi sebuah hanggar helikopter yang mampu menampung 4 helikopter AD Black Hawk atau 3 helikopter AL Sea King. 2 unit kapal pendarat LCM8, serta area kosong seluas 995 m2 yang dapat digunakan menyimpan kendaraan maupun peralatan berukuran besar. Kapal ini dilengkapi rumah sakit dengan 40 tempat tidur, mampu melakukan operasi bedah serta fasilitas pemulihan.

USS Fairfax County diluncurkan 19 Desember 1970, berbobot 8534 ton, panjang kapal 159,2 m, lebar 21,1 m dengan kecepatan jelajah 21 knot berasal dari 6 x mesin disel16v ALCO 251C, 100 RPM, 3 mesin pershaft. Hanya dipersenjatai 1 x 20 mm Phalanx Mk 15 CIWS, sebagai senjata bela diri. Kapal ini mampu membawa 23 perwira AL, 2 perwira AD, 197 pelaut, 18 prajurit, 400 pasukan pendarat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment